Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Dia 7 Taman Nasional di Jawa dan Bali yang Wajib Dikunjungi

Di Indonesia, negara yang meyimpan banyak keindahan alam, juga memiliki banyak taman nasional yang dapat Anda nikmati, terlebih pada masa kenormalan baru ini. Menikmati alam, hewan-hewan yang dilindungi, dan tumbuhan yang dilestarikan adalah pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 28 September 2020  |  17:43 WIB
Gunung Salak - Antara
Gunung Salak - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Taman Nasional menjadi tempat yang selalu memberikan pengalaman luar biasa bagi para pelancong. Tidak hanya melindungi hewan dan melestarikan tumbuhan, di tempat ini juga para wisatawan sangat memungkinkan merasakan alam yang belum pernah ada sebelumnya.

Di Indonesia, negara yang meyimpan banyak keindahan alam, juga memiliki banyak taman nasional yang dapat Anda nikmati, terlebih pada masa kenormalan baru ini. Menikmati alam, hewan-hewan yang dilindungi, dan tumbuhan yang dilestarikan adalah pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Dilansir dari Indonesia Travel, berikut sejumlah taman nasional yang ada di Pulau Jawa dan Bali, Indonesia, yang harus Anda kunjungi, lepaskan segala kepenatan dan hiruk pikuk aktivitas sehari-hari di taman nasional ini.

Taman Nasional Ujung Kulon

Mencakup area seluas 122.955 hektar, Taman Nasional Ujung Kulon menawarkan pengalaman tiada akhir untuk Anda jelajahi.

Taman nasional ini berada di Provinsi Banten, di Kabupaten Sumur dan Cimanggu. Ada tur trekking yang tersedia bagi Anda yang ingin pergi jauh ke dalam hutan hujan.

Jika beruntung, maka Anda bisa melihat Badak Jawa, yakni jenis badak langka yang hanya bisa dijumpai di kawasan konservasi ini. Banyak penduduk setempat yang percaya bahwa hewan liar ini adalah makhluk suci purba.

Gunung Halimun - Taman Nasional Salak

Di Taman Nasional Salah, Anda dapat menikmati udara segar dan sejuk - jauh dari udara perkotaan yang penuh dengan polusi dan panas.

Anda akan sangat menyukai pemandangan indah ketika mengunjungi taman yang terletak di Jawa Barat ini. Meskipun ada batasan dalam mendaki gunung ini, wisatawan dapat merasakan berbagai aktivitas lain yang ditawarkan.

Aktivitas - aktivitas itu seperti tur kanopi, trekking di hutan, dan menyaksikan Air Terjun Cimacan. Ketenangan dapat Anda rasakan ketika berjalan melewati hutan hujan yang kayak akan flora eksotis.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengamati owa Jawa Barat yang terancam punah dan lutung Jawa yang hanya dilindungi di habitat ini.

Taman Nasional Kepulauan Seribu

Bisa dipastikan Anda akan mengagumi keindahan Ibu Pertiwi ketika menikmati pulau - pulau yang tertutup pohon palem dan perariran biru kristal di Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Tidak jauh dari kawasan metropolitan Jakarta, taman nasional laut ini akan langsung memukau Anda. Wisatawan dapat mengamati kehidupan bawah laut yang berwarna-warni, berenang di air biru jernih, dan menjelajahi hutan hujan yang kaya.

Taman Nasional Merapi

Terletak di lereng dua gunung tetangganya, Gunung Merapi dan Gunung Merabu, Taman Nasional Merapi tersebar di area seluas 17.509 hektar.

Dikenal sebagai salah satu taman nasional terbaik untuk pencari sensasi, pengunjung dapat menyewa kendaraan SUV untuk menjelajah ke pegunungan.

Wisatawan juga bisa mengunjungi Museum Merapi untuk menimba ilmu atau menikmati panorama kawasan konservasi dari Menara Pengamatan Kaliurang.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Rumah bagi Gunung Semeru yang berdiri 3.676 meter di atas permukaan laut, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menawarkan pengalaman gunung lain yang spektakuler.

Tempat ini merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki lautan pasir sepanjang 10 km bernama Tengger.

Pengunjung dapat memulai perjalanan mereka dengan melihat matahari terbit yang indah di atas Ranu Kumbolo dan kemudian mengunjungi air terjun asli di dekatnya. Mereka juga bisa mendaki Gunung Bromo atau Gunung Semeru untuk memompa adrenalin mereka.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran, yang terletak di Banyuwangi, akan memberikan kesempatan yang unik kepada pengunjung unutk menjelajahi padang rumput savana trpois keemasan.

Taman nasional ini adalah rumah bagi spesies flora dan fauna yang tidak terhitung jumlahnya, termasuk layang-layang api, banteng, dan kancil.

Pecinta hewan dapat menyaksikan langsung kehidupan liar dengan pemandu wisata atau melihat keluar dari menara pengawas. Pengunjung juga dapat menjelajahi Pantai Bama yang tersembunyi jauh di dalam sabana.

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat menawarkan habitat yang bervariasi dengan hutan bakau, hutan hujan dataran rendah, semak akasia, sabana, dan hutan musiman.

Pantai Prapat Agung yang hangat terletak di sebelah utara taman ini. Daya tarik lain bagi para wisatawan adalah Menjangan, tempat menyelam yang populer di taman ini.

Pencinta alam dapat menyaksikan keanekaragaman satwa liar Indonesia yang sangat beragam, termasuk 17 mamalia, 160 burung, dan 176 spesies flora.

Mereka yang suka mengamati burung dapat melihat burung Jalak Bali yang megah, burung langka yang hanya ditemukan di belahan dunia ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata traveling
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top