Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Traveler, Ini Lho Caranya Menabung Agar Bisa Liburan

Jadi, langkah pertama sebelum melakukan atau merencanakan perjalanan keliling dunia adalah persiapkan terlebih dahulu uang yang akan Anda butuhkan.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 24 September 2020  |  15:43 WIB
Ilustrasi - Reuters
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Biaya atau uang untuk melakukan perjalanan adalah bagian yang sangat penting bari para pelancong. Bukan tanpa sebab, tanpanya pelancong tidak bisa melakukan apa - apa.

Jadi, langkah pertama sebelum melakukan atau merencanakan perjalanan keliling dunia adalah persiapkan terlebih dahulu uang yang akan Anda butuhkan.

Dilansir dari Air Treks, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu jumlah uang yang perlu Anda sisihkan, berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk berkeliling dunia, dan sebagainya.

Buat Rencana Tabungan

Rencana tabungan yang baik terdiri dari 5 langkah. Pertama adalah penilaian. Anda harus membandingkan rencana perjalanan yang akan Anda lakukan dengan realitas situasi keuangan Anda.

Tanya pada diri sendiri apakah rencana itu memungkinkan untuk Anda lakukan atau rencana itu adalah mimpi yang terlalu besar?

Setelah memiliki gambaran umum tentang biaya keseluruhan perjalanan, buatlah spreadsheet yang mencantumkan pendapatan dan pengeluaran untuk melihat dengan jelas secara keseluruhan.

Kedua adalah menetapkan tujuan atau target. Rencana tabungan yang Anda lakukan harus terdiri dari rencana jangka panjang dan pendek. Jadi, buat daftar tujuan dalam jumlah tertentu dan jangan ragu untuk memasang target tinggi.

Hanya saja, target yang Anda tetapkan tidak terlalu tinggi sehingga dapat membunuh antusiasme untuk keliling dunia.

Ketiga membuat rencana dengan detail, pada bagian ini, Anda membuat rencana tabungan dengan sangat detail untuk mencapai tujuan Anda. Di bagian ini Anda dapat menghilangkan komponen - komponen pengeluaran yang tidak perlu.

Kemudian, Anda menetapkan anggaran pengeluaran yang ketat, atau menambahkan pendapatan tambahan untuk memenuhi target Anda.

Keempat, implementasi. Rencana - rencana yang telah Anda buat harus lah dijalankan dan dipertahankan.

Kelima, pemantauan dan penilaian ulang, seiring berjalannya waktu, rencana yang Anda jalankan akan berkembang karena perubahan kebiasaan pengeluaran yang Anda lakukan.

Jadi, jangan lupa untuk melihat kemajuan yang sudah Anda capai setiap bulan dan teliti kembali anggaran untuk melihat kemungkinan penyesuaian yang dapat terjadi.

Komitmen Terhadap Mimpi Anda

Ketika Anda melakukan penghematan agar bisa keliling dunia, maka Anda perlu mengingat mengapa Anda melakukan hal ini dan mengingatkan diri setiap hari.

Bila perlu, letakan gambar di dinding tempat - tempat yang akan menjadi tujuan atau pasang peta dengan pin dan tali yang menunjukkan ke mana Anda akan pergi. Menabung adalah kegiatan yang paling sulit, tapi siapa pun dapat melakukannya jika memutuskannya.

Hilangkan Perlahan Semua Keinginan Anda

buatlah spreadsheet dan buat daftar setiap pengeluaran harian atau bulanan Anda, dan atur menjadi 2 kolom yang terdiri dari kolom kebutuhan dan keinginan. Secara perlahan, hilangkan semua item yang terdapat pada kolom keinginan.

Mulai Membuat Dana Khusus

Anda bisa memulai dengan membuat akun bank, dan memberinya nama "I'm Outta Here". Jangan lupa untuk mengisinya setiap bulan, minggu, atau hari.

Permudah proses transfer dari akun lain yang Anda miliki. Setiap kali Anda online untuk memeriksa saldo, transferlah sejumlah uang meskipun hanya dalam jumlah kecil. Buat kegiatan ini menyenangkan, jadikan kebiasaan, buat menjadi alami, dan tidak menyakitkan.

Hemat Ketika Makan Siang

Katakanlah Anda makan siang 5 kali dalam seminggu. Dengan memangkas pengeluaran untuk makan siang dari US$12 menjadi US$8 akan membuat Anda menghemat US$832 dalam satu tahun.

Agar lebih hemat lagi, Anda bisa juga membawa bekal makan siang yang Anda buat di rumah dengan bahan-bahan yang ada di dapur.

Kurangi Minum Kopi Mahal

Berhenti minum kopi mungkin sangat sulit, dan kedai kopi adalah tempat penting bagi banyak orang untuk melakukan sosialisasi, belajar, dan bekerja. Namun, bukan berarti Anda harus menghabiskan banyak uang untuk mengkonsumsi kafein.

Membayar US$2 alih-alih US$5 setiap hari dapat membuat Anda menghemat sebesar US$1.095 dalam setahun.

Kurangi Makan di Restoran dan Masak Sendiri

Restoran membuat lebih banyak lubang dalam rencana tabungan daripada burung pelatuk di amfetamin. Ditambah lagi, belajar memasak makanan sendiri sangat memuaskan.

Banyak situs-situs yang menawarkan resep lezat dan hampir tidak terbatas untuk membantu Anda mulai memasak. Di Amerika Serikat, Anda dapat dengan nyaman makan dengan US$40 - US$50 untuk seminggu dengan memasak sendiri.

Tidak hanya itu, makanan sederhana yang tidak diolah seperti kacang-kacangan, pasta, kentang, dan sayuran adalah makanan sehat dan murah

Berhenti Merokok

Berhenti merokok tidak hanya dapat menghemat US$2000 dalam setahun, tapi juga juga dapat menyelamatkan hidup Anda.

Kurangi Tagihan Listrik

Matikan lampu yang tidak perlu, buka jendela untuk mendapatkan angin daripada menggunakan pengatur suhu ruangan (AC), dan persingkat waktu ketika Anda mandi.

Tinggallah di Rumah Pada Malam Hari

Pergi ke bar dan klub akan membuat saldo Anda turun lebih cepat. Ingatlah target perjalanan Anda, dan undagn teman ke rumah untuk minum daripada pergi ke bar atau klub malam.

Harga sebotol anggur yang hanya US$ akan menjadi US$25 di bar atau klub - klub malam yang ada.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling tips travel
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top