Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Tetap Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Diet

Sistem imun tubuh adalah proses kerja sel, sampai organ-organ dalam tubuh untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi dari bakteri, jamur, virus, dan racun. Sistem imun juga sangat adaptif yang mana membantu keseimbangan pada semua fungsi organ tubuh bekerja dengan baik.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 24 September 2020  |  18:36 WIB
ilustrasi diet - bisnis.com
ilustrasi diet - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Diet sehat dan suplemen ternyata belum tentu efektif bagi Anda untuk menjaga daya tahan tubuh.

Dilansir dari Insider, Kamis (24/9/2020), sistem imun tubuh adalah proses kerja sel, sampai organ-organ dalam tubuh untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi dari bakteri, jamur, virus, dan racun. Sistem imun juga sangat adaptif yang mana membantu keseimbangan pada semua fungsi organ tubuh bekerja dengan baik.

Artinya, daya tahan tubuh memiliki pendekatan yang baik pada semua aspek dalam tubuh. Sehingga, daya tahan tubuh sangat ditentukan dari gaya hidup kita. Maka, untuk menjamin daya tahan tubuh Anda terjaga dengan baik melawan kuman penyakit, berikut sejumlah tips penting bagi Anda mendorong daya tahan tubuh.

1. Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran

Menurut Lisa Ballehr, Praktisi Medis dari Arizona Osteophatic, salah satu cara termudah dan cepat untuk menaikkan sistem daya tahan tubuh adalah dengan memperbanyak pasokan vitamin, mineral, dari sayur dan buah. Beberapa jenis sayur dan buah berwarna-warni diyakini punya kandungan serat dan nutrisi yang baik, misalny, apel merah, kentang, cherry, anggur, jeruk, labu, mangga, kiwi, pir, pisang, nanas, kubis, kelapa, kacang, dan kembang kol.

“Makin banyak variasi buah dan sayuran yang dikonsumsi setiap hari bisa menaikkan kandungan nutrisi tubuh dan mendorong daya tahan tubuh,” ujar Lisa.

2. Waktu Tidur yang Cukup

Jika Anda tidak punya pola tidur yang teratur dan waktu tidur yang kurang maka akan mudah bagi tubuh Anda terinfeksi penyakit. Lisa menjelaskan, selama Anda tidur tubuh Anda tetap bekerja yang mana sedang memperbaiki sel yang rusak dan melepas racun-racun tubuh sehingga saat Anda terbangun Anda akan merasa lebih segar. Jika Anda kesulitan tidur dan pola tidur tidak baik, Anda tentu akan punya masalah kesehatan akibat kekurangan waktu tidur. Kondisi ini akan membuat Anda mudah stress dan imbasnya kinerja sistem imun Anda akan menurun. Sangat dianjurkan bagi orang dewasa untuk tidur pada waktu 7-8 jam per hari setiap malam.

3. Pastikan Konsumsi Protein Cukup

Berdasarkan Harvard Health Publishing, Anda membutuhkan sekitar 0,8 gram protein per kilogram untuk menjaga tubuh terhindar dari penyakit. Jika protein tidak cukup dalam tubuh, Anda akan punya masalah pencernaan yang mana sistem itu sangat berpengaruh pada sistem imun karea bisa mendorong antibody melawan virus dan bakteri. Protein juga punya kandungan zinc yang tinggi, yang mana memproduksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Untuk mendapat asupan protein, Anda bisa menemukan pada daging ayam, seafood, hingga kacang-kacangan.

4. Jangan Hanya Andalkan Makanan Prebiotik

Sejumlah makanan mengandung prebiotic seperti bawang putih, bawang Bombay, pisang, dan asparagus. Jenis makanan ini bisa menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus yang mana punya peran utama menjaga daya tahan tubuh. Prebiotik yang dihasilkan ini adalah bakteri baik yang mana membantu melawan inflamasi dan mengoptimalisasi kerja sistem imun.

5. Manajemen Stres Anda

Sejumlah riset medis menemukan adanya kaitan sistem imun dengan kada stres. Ketika Anda sedang stres, sistem imun tidak akan berfungsi dengan baik. Pasalnya, stres akan menyebabkan tubuh mengeluarkan hormone seperti adrenalin, dopamine, norepinephrine, dan kortisol yang mana akan menurunkan kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah putih yang mana membantu melawan virus dan bakteri. Sejumlah aktivitas bisa membantu menghilangkan stres misalnya meditasi, yoga, dan teknik mengatur pernafasan.

6. Pastikan Asupan Vitamin Terjadi Meski Sedang Diet

Kebutuhan nutrisi adalah kebutuhan paling penting untuk melawan infeksi. Vitamin yang paling penting melawan penyakit adalah Vitamin A, C, E, B6, dan D, serta mineral seperti zat besi, selenium, dan zinc. Alasan mengapa vitamin mendorong sistem imun lebih baik karena kandungan antioksidan dalam vitamin tersebut. Beberapa makanan punya kandungan vitamin yang tinggi misalnya wortel, kentang, lada, strawberry, kacang almond, alpukat, salmon, tuna, dada ayam, dan daging sapi. Tubuh menyerap mineral dan vitamin yang sumbernya dari makanan sehat sehingga penting bagi Anda untuk menjaga asupan vitamin selama sedang menjalani diet. Jika Anda tidak yakin, Anda bisa berkonsultasi dengan tim medis untuk memberi arahan pentingnya menambah suplemen atau tidak.

7. Tetaplah Aktif Berolahraga

Tetap aktif berolahraga ternyata membantu menjaga sistem daya tahan tubuh Anda. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan 2019 lalu, aktif berolahraga, punya dampak yang baik dalam menurunkan inflamasi dan meningkatkan sistem imun. Langkah ini akan membantu menunda efek penuaan dini. Studi ini juga menemukan olahraga seperti berjalan, senam, dan yoga, bisa menurunkan risiko sakit.

8. Berhentilah Merokok

Lisa Ballehr menjelaskan bahwa merokok bisa meningkatkan risiko infeksi dalam tubuh dan menghancurkan antibody tubuh. Padahal, antibody diproduksi oleh protein untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu merokok juga merusak organ paru-paru. Perokok akhirnya menjadi golongan yang rentan penyakit pernapasan seperti flu dan juga Covid-19.

Lisa juga menambahkan selain tips sehat tersebut, selama masa pandemi sangat penting bagi Anda menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dengan menerapkan protokol kesehatan. Salah satu yang terpenting adalah mencuci tangan secara teratur selama 20 detik menggunakan sabun. Ingat, tidak ada satupun pil obat dan suplemen yang bisa menyembuhkan obat dan menguatkan daya tahan tubuh. Maka, ubahlah gaya hidup dan pola diet Anda untuk bisa menaikkan sistem imun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan tips sehat diet
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top