Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kunjungi 5 Desa Wisata di Tanah Air yang Memukau Ini

Di tempat–tempat ini, pelancong juga tidak perlu khawatir dengan penyebaran Covid-19 karena desa–desa ini telah menerapkan protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. 
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 17 September 2020  |  19:07 WIB
Desa Wisata.  - Kemenparekraf
Desa Wisata. - Kemenparekraf

Bisnis.com, JAKARTA—Sensasi petualangan, keindahan alam, dan kekayaan budaya menjadi satu pengalaman hebat yang dapat dinikmati oleh para pelancong di sejumlah desa yang ada di Indonesia. 

Desa wisata menawarkan kesempatan bagi para pelancong untuk melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang masyarakatnya telah melestarikan cara hidup tradisional, dan tidak sepenuhnya bergantung pada teknologi. 

Dilansir dari Indonesia Travel, terdapat sejumlah desa wisata yang dapat menjadi tujuan bagi para pelancong.

Di tempat–tempat ini, pelancong juga tidak perlu khawatir dengan penyebaran Covid-19 karena desa–desa ini telah menerapkan protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. 

Berikut 5 desa wisata tanah air yang bisa dikunjungi :

1. Magelang

Magelang bukan hanya tentang Candi Borobudur yang terkenal sebagai destinasi wisata paling populer di Indonesia. 

Magelang adalah kabupaten yang memiliki banyak kemegahan. Di sini juga terdapat Karangrejo , sebuah homestay di dekat Borobudur yang menawarkan pengalaman wisata desa yang sederhana.

Nikmati lingkungan yang subur sambil belajar memasak mendoan (tempe setengah goreng) dan membuat beberapa karya seni di homestay ini.

2. Yogyakarta

Banyak sekali objek wisata yang bisa pelancong temui di kota ini, termasuk bangunan bersejarah yang terpelihara dengan baik. 

Namun banyak orang yang belum mengetahui bahwa Yogyakarta merupakan rumah bagi sejumlah desa wisata, seperti Manding, Bobung, Nglanggeran, Kelor, dan Giriloyo. 

Setiap desa wisata yang ada di tempat ini memberikan pengalaman tersendiri bagi para pengunjungnya. Jadi jelajahi tempat-tempat ini dan jangan lewatkan satu hal pun.
 
3. Dieng

Dataran Tinggi Dieng adalah tempat yang sempurna bagi mereka yang ingin menikmati pemandangan dataran tinggi yang dramatis dan angin sejuk dalam tur desa. 

Selain semua aktivitas pedesaan yang bisa dinikmati para pengunjung, masih banyak sisa-sisa masa kejayaan kerajaan Hindu di Jawa yang akan membawa pelancong kembali ke zaman kuno pada abad ke-7/8.

4. Malang

Desa Ngadas, Kabupaten Malang, Jawa Timur menawarkan pengalaman tak terlupakan di atas awan yang patut pelancong coba setidaknya sekali seumur hidup. 

Dikenal sebagai desa tertinggi di Jawa, Ngadas terletak 2.150 meter di atas permukaan laut dan suhu rata-rata di sini antara 0 ° C hingga 25 ° C. 

Pelancong dapat mempelajari banyak pelajaran filsafat dari penduduk setempat yang ramah, penduduk desa Tengger, yang masih mempraktikkan ritual dan upacara kuno yang telah mereka lestarikan dari waktu ke waktu.

5. Bali

Ada banyak desa wisata yang berada di Bali, seperti Desa Trunyan, Tenganan, Penglipuran , Celuk, Batu Bulan, Desa Mas, dan Batuan. 

Pada 1995, Desa Penglipuran dianugerahi Penghargaan Kalpataru untuk kelestarian lingkungan oleh pemerintah Indonesia sebagai pengakuan atas upaya masyarakat untuk menjaga 75 hektar hutan bambu dan melestarikan tata ruang tradisional bangunan berdasarkan desain leluhur. 

Desa Penglipuran bahkan mendapatkan pengakuan sebagai desa terbersih ketiga di dunia pada 2016 silam.
 

1 dari 1 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling DESA WISATA
Editor : Mia Chitra Dinisari

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top