Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 6 Makanan Penangkal Stres

stres sebenarnya memiliki sisi positif yakni mendorong kita lebih peka untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik dan membuat perubahan yang positif. Sayangnya, jika stres yang dialami berlebihan maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 16 September 2020  |  17:36 WIB
Oatmeal - boldsky.com
Oatmeal - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA – Stres semakin rentan pada masa pandemi meski demikian ada sejumlah makanan yang sangat cocok untuk menurunkan potensi stres.

Dilansir dari Times of India, Rabu (16/9/2020), stres sebenarnya memiliki sisi positif yakni mendorong kita lebih peka untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik dan membuat perubahan yang positif. Sayangnya, jika stres yang dialami berlebihan maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Stres kronis bisa mengakibatkan peningkatan inflamasi dalam tubuh, merusak mood, merusak pola tidur, merusak pola makan, dan secara keseluruhan bisa mengganggu kesehatan mental kita.

Namun, tahukan Anda, ada sejumlah jenis makanan yang bisa membantu Anda meredam stres tersebut? Nah berikut 6 tips makanan sehat pengganti makanan sehati-hari yang berkhasiat meredam stres.

1. Pilihlah oatmeal ketimbang roti

Tidak semua karbohidrat itu buruk bagi tubuh Anda. Faktanya, karbohidrat justru bagus untuk tubuh dan otak, serta dibutuhkan sebagai nutrisi dalam tubuh. Karbohidrat membantu Anda merasakan saraf bekerja dengan lebih baik. Meski begitu, tidak semua karbohidrat punya efek tersebut. Anda perlu bijaksana untuk memilihnya, yakni, gandum atau oatmeal adalah salah satu karbohidrat kaya serat yang tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah seperti karbohidrat lainnya.

2. Pilihlah salmon ketimbang sosis

Sangat penting bagi Anda untuk memilih protein yang tepat untuk menjaga kesehatan dan menjaga level stres tetap rendah. Salmon mengandung omega-3 yang mana membantu meredakan kecemasan. Sebaliknya, daging olahan seperti sosis, memiliki kandungan sodium yang sangat banyak yang mana akan menaikkan tekanan darah Anda. Kurangilah konsumsi daging, dan perbanyak mengonsumsi ikan selama dua minggu sekali untuk mengelola stres Anda.

3. Pilihlah kacang dibandingkan granola

Dalam satu paket granola yang dijual di supermarket ternyata punya kandungan gula yang besar. Pada sisi lain, kacang sebenarnya punya serat dan protein yang jauh lebih sehat. Kondisi ini membuat jika Anda menikmati kacang maka Anda akan merasa kenyang lebih lama ketimbang menyantap granola. Kacang juga punya kandungan vitamin B yang akan membantu Anda untuk meredakan stres. Ada pula kandungan potassium yang menjaga tekanan darah.

4. Pilihlah coklat ketimbang permen

Sebagian orang memilih menyimpan permen di meja kerja maupun di samping tempa tidur untuk penikmat rasa. Sebuah studi menemukan, kandungan gula dalam permen tinggi mendorong stres karena menaikkan kadar gula dalam darah. Sebaliknya, coklat hitam justru juga punya efek menurunkan risiko stres. Caranya, Anda perlu mencari dark chocolate dengan kandungan cocoa sampai 70%.

5. Pilihlah teh herbal ketimbang anggur merah

Banyak orang punya kebiasaan menghilangkan stres dengan minum wine atau anggur merah. Memang, kandungan alkohol bisa membantu mengurangi stres, tapi tak seharusnya hal ini menjadi kebiasaan. Anda lebih baik memilih teh herbal untuk menurunkan level kortisol, yang mana memicu hormon stres. Teh herbal juga bebas dari kandungan kafein, yang mana kafein justru meningkatkan kondisi kecemasan, dan mengganggu pola tidur.

6. Pilihlah yoghurt dibandingkan keju

Yoghurt adalah pilihan yang lebih baik ketimbang keju, karena yoghurt punya probiotik yang bagus untuk metabolisme karena mendorong bakteri usus. Anda akan terkejut jika mengetahui bahwa 50 persen dari dopamine dan 95 persen dari serotonin yang berfungsi sebagai moodbooster diproduksi dari bakteri usus. Beberapa sumber probiotik lain yang perlu dicoba adalah kimchi dan kombucha.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan stres
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top