Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Meneropong Kota Lama dan Desa Wisata di Banyumas

Berwisata di Banyuwangi, bisa menikmati keindahan alam sekaligus mempelajari budaya.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 14 September 2020  |  16:04 WIB
Desa Wisata Dawuhan di Banyuwangi
Desa Wisata Dawuhan di Banyuwangi

Bisnis.com, JAKARTA – Banyumas merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di selatan Gunung Slamet memiliki ragam potensi wisata khususnya di area Kota Lama.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Bisnis.com, ada banyak lokasi wisata hingga kuliner yang menjamur di kawasan Kabupaten Banyumas. Meski demikian hanya segelintir saja lokasi yang bisa disebut sebagai lokasi paling populer di tempat ini.

Pertama, adalah Kota Lama Banyumas. Alun-alun Kota Lama Banyumas menarik untuk dikunjungi karena disana Anda bisa menemukan bangunan-bangunan cagar budaya. Pasalnya, pada zaman dulu alun-alun ini merupakan penanda bangunan pemerintahan, dan ditanami pohon beringin sebagai lambang pengayom rakyat.

Tak hanya dari area alun-alun, Anda akan menemukan Pendopo Si Panji, Banyumas. Pendopo ini diyakini merupakan lambang kekuatan rakyat Banyumas dan dibangun oleh Adipati Yudonegoro II, Bupati Banyumas ke 7 sekitar tahun 1706.

Tak jauh dari Pendopo si Panji, Anda pun akan menemukan Masjid Nur Sulaiman, masjid yang berdiri pada 1725 oleh Kyai Nur Sulaiman, dari Gumelem. Dalam pembangunan masjid ini, Kyai Nur Daiman berperan sebagai Arsitek. Peninggalan asli masih terdapat di masjid ini adalah beduk, mimbar, sakaguru, dan sumur.

kota lama banyumas, wisata banyuwangi

Kedua, dari kawasan alun-alun Kota Lama, Anda bisa bertolak ke Desa Wisata Dawuhan, salah satu desa wisata yang membawa Anda masuk mengenali budaya Banyumas. Desa ini terletak di selatan Sungai Serayu, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas. Di desa ini, terdapat makan Astana Redi Bendungan, makam para pendiri atau pembesar dan orang terkenal yang berasal dari Banyumas.

Masyarakat di desa ini terkenal religius, dan sangat memegang teguh adat istiadat leluhurnya. Sebagian di antaranya menjadi kegiatan budaya yang dapat ditunjukkan sebagai atraksi wisata.

Jika Anda ingin berkuliner, maka Anda perlu bertolak ke sentra kuliner dan batik yakni Sentra Industri Nopia dan Sentra Batik Pringmas. Di Sentra Industri Nopia, Anda bisa menjumpai proses pembuatan nopia yakni makanan khas Banyumas.

Anda juga bisa menikmati nopia dari berbagai ukuran. Nah, di Sentra Batik Pringmas, Anda juga tak hanya menyaksikan pembuatan batik Banyumas, namun juga bisa merasakan sensasi membuatnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata wisata banyumas
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top