Pasien virus corona/Antara
Travel

Waspada, Makan di Restoran Berisiko Tinggi Terinfeksi Virus Corona

Desyinta Nuraini
Sabtu, 12 September 2020 - 17:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), menyoroti risiko aktivitas ketika orang tidak selalu bisa memakai masker dan mempraktikkan jarak sosial, seperti makan serta minum saat di restoran.

Melansir Live Science, Sabtu (12/9/2020), para peneliti menganalisis informasi dari 314 orang dewasa yang dites Covid-19 di salah satu dari 11 fasilitas perawatan kesehatan di seluruh Amerika Serikat. Semua peserta telah mengalami beberapa gejala, sekitar setengah dari peserta menerima tes positif, sedangkan setengah lainnya menerima tes negatif.

Peserta diwawancarai tentang aktivitas yang mereka lakukan selama 14 hari sebelum gejala Covid-19 dimulai, termasuk pergi ke toko, gym, kantor, salon, bar atau kedai kopi; menghadiri kebaktian, menggunakan transportasi umum atau makan di restoran.

Secara keseluruhan, orang yang dites positif Covid-19 dua kali lebih mungkin melaporkan makan di restoran dalam 14 hari sebelum jatuh sakit daripada orang yang dites negatif.

Ketika para peneliti mengecualikan orang yang memiliki kontak dengan pasien Covid-19, ditemukan fakta bahwa mereka yang dites positif hampir tiga kali lebih makan di restoran, dan hampir empat kali melaporkan pergi ke bar atau kopi. berbelanja, dibandingkan mereka yang dites negatif.

Para penulis mencatat bahwa salah satu batasan dari penelitian mereka adalah tidak membedakan antara makan di dalam dan di luar ruangan.

"Paparan dan aktivitas di mana penggunaan masker dan jarak sosial sulit dipertahankan, termasuk pergi ke lokasi yang menawarkan makan dan minum di tempat, mungkin menjadi faktor risiko penting untuk infeksi SARS-CoV-2," tulis para peneliti dalam laporannya.

CDC merekomendasikan cara-cara untuk mengurangi risiko tertular Covid-19 saat makan di restoran, termasuk mengenakan masker sebanyak mungkin saat tidak makan dan menjaga jarak 1,8 meter dari orang yang tidak tinggal bersama. Kemudian duduk di luar jika memungkinkan, dan menelepon terlebih dahulu untuk menanyakan apakah semua staf di restoran mengenakan masker saat bekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro