Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Lokasi Sport Tourism dengan Konsep Nostalgia

Konsep nostalgia sport tourism bisa dikelola layaknya mengelola tempat wisata sejarah misalnya dengan menggelar pameran secara rutin.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 11 September 2020  |  18:43 WIB
Calgary Olympic Park di Kanada. - Where
Calgary Olympic Park di Kanada. - Where

Bisnis.com, JAKARTA -- Sports Tourism adalah konsep baru dalam pariwisata yang mengintegrasikan antara bidang olahraga dan wisata.

Dilansir dari situs Tourism Teacher, konsep sport tourism diyakini menjadi solusi untuk mendorong perekonomian lokal. Nah, salah satu jenis yang paling banyak peminatnya adalah nostalgia sport tourism.

Menjadikan arena sport tourism sebagai wahana bernostalgia ternyata punya banyak jenis dan cara. Salah satunya adalah pemanfaatan ulang kawasan olahraga menjadi area wisata.

Alhasil lokasi tempat olahraga ini bisa menjadi pertemuan cabang olahraga lama dengan cabang olahraga baru. Selain itu konsep ini bisa memadukan banyak orang dari ragam minat olahraga dan arena berkumpul lintas generasi.

Konsep nostalgia sport tourism bisa dikelola layaknya mengelola tempat wisata sejarah misalnya dengan menggelar pameran secara rutin. Selain itu juga pemanfaatan arena untuk ruang museum.

Beberapa contoh lain adalah dengan mengunjungi venue-venue bersejarah dalam kancah olahraga. Berikut beberapa jenis dari nostalgia sport tourism yang populer.

1. Calgary Olympic Park

Jika Anda berkunjung ke Kanada, Anda perlu bertandang ke Calgary Olympic Park. Adapun lokasi sport tourism ini adalah WinSport’s Canada Olympic Park (COP) yang sebelumnya dikenal dengan Paskapoo Ski Hill. Lokasi ini dahulunya adalah tempat perhelatan 1988 Winter Olympics. Kini area itu terbuka untuk umum, dan dikenal sebagai tempat wisata untuk mencoba ski jumping, bobsleigh alias kereta luncur, dan luge.

2. Maracana Football Stadium

Di Rio de Janeiro, Brazil, ada The Maracana Football Stadium yang memiliki kekayaan sejarah, serta pernah menjadi salah satu stadion olahraga terbesar di dunia.

Stadion ini dibuka pada 1950 kala Brazil menjadi tuan rumah FIFA World Cup untuk menampung sekitar 150.000 penonton. Namun setelah melalui proses renovasi pada 2014, kini kapasitas Maracana hanya 78.838. Kini, stadion tersebut masih menjadi salah satu stadion tempat olahraga dan wisata dari para traveler dunia.

3. Barcelona Olympic Park

The Olympic Village atau dalam bahasa Spanyol dikenal; La Vila Olimpica del Poblenou adalah salah satu area olahraga di Sant Marti, Barcelona, Spanyol. Kawasan yang akrab disebut The Barcelona Olympic Village ini dibangun pada akhir 1980, sampai awal 1990, untuk perhelatan Summer Olympic Games di Barcelona.

Kini area itu banyak dimanfaatkan oleh masyarakat jug traveler untuk melakukan aktivitas olahraga. Kawasan ini juga masuk dalam list wisata para traveler.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top