Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

15 Makanan dan Minuman yang Wajib Dicoba Saat Sakit

Makanan yang berasal dari alam menjadi andalan saat tubuh dalam kondisi tidak sehat.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 10 September 2020  |  16:04 WIB
Air kelapa - mercola
Air kelapa - mercola

Bisnis.com, JAKARTA – Makanan yang sehat diyakini bisa menjadi obat atas beragam penyakit. Konsumsi makanan yang bergizi bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Dilansir dari Healthline, Kamis (10/9/2020), makanan adalah sumber energi terbaik. Oleh sebab itu, jika Anda sedang sakit, memilih dan menikmati makanan yang sehat dan tepat adalah langkah yang benar untuk memerangi penyakit yang menjangkiti tubuh Anda. Sejumlah makanan sehat ini bisa mengurangi gejala penyakit dan bahkan membantu proses penyembuhan.

Berikut 15 makanan terbaik yang boleh Anda nikmati saat sedang sakit:

1. Sop Ayam

Sop ayam adalah jenis makanan yang sangat direkomendasikan oleh banyak ahli selama bertahun-tahun, terutama saat Anda sedang sakit flu. Makanan ini mudah dibuat dan punya ragam vitamin, mineral, kalori, juga protein yang mana adalah ragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama sakit. Nutrisi yang terkandung dalam makanan ini juga cocok untuk Anda yang sedang mengalami demam.

2. Kaldu

Sejenis dengan sop, kaldu adalah makanan yang kaya dengan nutrisi yang bagus untuk hidrasi terutama saat Anda sedang sakit. Ada banyak rasa, kalori, vitamin, dan mineral seperti magnesium, kalsium, asam folat, dan fosfor.

Jika Anda menikmati kaldu saat masih panas, Anda akan mendapatkan beragam manfaat dari makanan ini. menikmati kaldu sangat penting dan bagus untuk menjaga daya tahan tubuh, serta membantu pencernaan. Selain itu kaldu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Bawang putih

Bawang putih ternyata adalah bahan makanan yang paling banyak memiliki manfaat kesehatan. Bawang putih juga adalah bahan pengobatan herbal yang kaya dengan khasiat anti bakteri, dan efek anti jamur.

Sejumlah riset medis juga membuktikan bahwa bawang putih berkhasiat untuk menyembuhkan demam, flu, dan memberikan beberapa khasiat kesehatan lain yang cukup menjanjikan.

Riset medis menyatakan, orang yang rajin mengonsumsi bawang putih lebih sehat sampai 70 persen dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi bawang putih. Oleh sebab itu perpaduan bawang putih dalam sop dan kaldu punya khasiat yang bagus bagi kesehatan.

4. Air Kelapa

Untuk mencegah dehidrasi, salah satu jenis minuman yang baik dikonsumsi adalah air kelapa. Ketersediaan kadar air dalam tubuh sangat penting terutama jika Anda sedang menderita demam, mual, diare, yang mana akan membuat Anda banyak kehilangan air dan elektrolit.

Air kelapa adalah jenis minuman yang paling baik untuk dinikmati ketika Anda sakit. Selain manis dan kaya rasa, air kelapa memiliki glukosa dan elektrolit yang sangat dibutuhkan tubuh. Sejumlah riset membuktikan, air kelapa yang dinikmati sesudah berolahraga bisa menurunkan risiko sakit perut.

Sejumlah studi lain juga mengatakan bahwa air kelapa memiliki kekayaan antioksidan, yang bisa membantu memerangi kerusakan sel tubuh dan juga mengontrol kadar gula dalam darah.

5. Teh Panas

Teh adalah minuman yang ampuh untuk memerangi gejala flu dan batuk. Seperti halnya sop ayam, teh panas adalah minuman alami yang membantu penyembuhan sinus dan flu. Teh juga sebaiknya dalam kondisi panas atau hangat agar tidak melukai tenggorokan.

Anda juga tak perlu khawatir jika teh akan berdampak pada kurangnya kadar air dalam tubuh karena kandungan kafein dalam teh. Pasalnya, kadar kafein dalam teh sangat rendah dan tidak akan menurunkan kadar air.

Teh juga mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang bisa menangkal penyakit kanker. Teh juga sangat dianjurkan untuk proses penurunan berat badan dan mencegah diabetes.

6. Madu

Madu memiliki kandungan anti bakteri sehingga minuman ini sudah lama populer di kalangan masyarakat kuno, khususnya di Mesir. Masyarakat banyak memanfaatkan madu untuk beragam kebutuhan baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Oleh sebab itu, madu cocok dikonsumsi bagi penderita sakit tenggorokan guna mencegah infeksi akibat bakteri. Sejumlah studi juga menyatakan, madu sangat cocok dikonsumsi bagi anak di bawah 12 bulan.

Setengah sendok madu bisa dicampur dalam segelas susu hangat, atau secangkir teh. Ini adalah minuman yang menyegarkan untuk penderita batuk dan pilek, cocok untuk mencegah penyebaran bakteri.

7. Jahe

Jahe dikenal efektif untuk mencegah flu dan mual. Oleh sebab itu jahe sangat efektif dikonsumsi bagi ibu hamil yang mual, ataupun penderita kanker yang sedang melalui proses pengobatan.

Apalagi, jahe ternyata punya khasiat anti-inflamasi yang kaya untuk anti-oksidan, anti bakteri dan penangkal penyakit kanker. Jadi, jika Anda sedang mual, maka jahe adalah makanan terbaik yang bisa menangkal sejumlah gejala ini.Anda juga perlu menggunakan jahe saat memasak, dan pastikan menggunakan jahe alami bukan ekstrak jahe.

8. Makanan Pedas

Penyedap makanan pedas seperti cabai, menimbulkan rasa pedas yang juga akan memberi sensasi panas di lidah saat Anda menikmatinya. Meski demikian, makanan pedas bisa membuat hidung berair, dan imbasnya membantu menyembuhkan hidung tersumbat serta penyakit sinus. Akhirnya, makanan pedas pun bermanfaat untuk mendorong keluarnya cairan dan lendir akibat flu.

9. Pisang

Pisang adalah makanan yang sehat untuk Anda nikmati saat sakit. Pisang adalah buah yang punya banyak rasa, kalori, dan nutrisi. Untuk hal itu, pisang masuk dalam golongan makanan yang cocok untuk diet dan direkomendasikan saat Anda mengalami mual dan diare. Apalagi pisang kaya serat yang akan membantu Anda mencegah serta mengobati masalah pencernaan.

10. Oatmeal

Seperti halnya pisang, makanan oatmeal yang terbuat dari gandum punya banyak kalori, vitamin, dan mineral saat sedang sakit. Oatmeal juga punya banyak protein, dalam 5 gram atau setengah gelas.

Sejumlah manfaat penting oatmeal adalah mendorong daya tahan tubuh dan mengontrol kadar gula dalam darah. Sebuah studi medis menyatakan, serat dan glukosa dalam oatmeal membantu menurunkan gejala inflamasi.

Oatmeal juga membantu mencegah gejala masalah pencernaan termasuk diare. Oleh sebab itu jika Anda mengonsumsi oatmeal sebaiknya Anda tidak menambahkan gula. Jika ingin memberi rasa, sebaiknya Anda menggantinya dengan madu atau buah-buahan untuk menambah manfaat kesehatannya.

11. Yogurt

Yogurt tetap jenis makanan yang paling tepat dinikmati saat sedang sakit. Ada sekitar 150 kalori, 8 gram protein pada setiap gelas. Yogurt juga kaya kalsium, vitamin, mineral, dan probiotik.

Sejumlah bukti medis menyatakan, probiotik sangat bagus untuk pertumbuhan anak, dan juga mempercepat proses penyembuhan bagi orang dewasa yang sedang sakit. Sebuah studi medis menyatakan, anak yang rajin mengonsumsi probiotik punya peluang lebih tahan penyakit sampai 55 persen.

12. Buah-buahan

Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat membantu menjaga daya tahan tubuh. Sejumlah buah-buahan seperti blueberry, strawberry, cranberry, dan blackberry mengandung anthocyanins yang punya efek anti virus, anti inflamasi, dan mendorong daya tahan tubuh.

Sejumlah studi menyatakan kandungan ini sangat bermanfaat mencegah perkembangan bakteri dalam sel tubuh. Jenis buah-buahan inilah yang cocok untuk Anda nikmati bersama oatmeal dan yoghurt.

13. Alpukat

Alpukat memang dikenal sebagai buah-buahan yang kaya karbohidrat sehingga bisa memberi efek kegemukan jika dikonsumsi berlebihan. Meski begitu, alpukat ternyata kaya akan kandungan minyak zaitun, serat, vitamin, dan mineral, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh apalagi jika sedang sakit.

Alpukat juga punya manfaat untuk menurunkan inflamasi dan berfungsi memperkuat sistem imun.

14. Sayuran Hijau

Sayur-sayuran hijau juga mengandung vitamin, mineral, yang dibutuhkan tubuh saat sakit. Beberapa contoh sayuran hijau itu adalah bayam, kale, dan brokoli. Sayur-sayuran ini mengandung vitamin C, vitamin K, dan asam folat.

Sayuran hijau juga mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki sel yang rusak dalam tubuh, serta mencegah inflamasi. Anda bisa memanfaatkan bayam juga untuk omelette sehingga menjadi masakan yang kaya protein.

15. Salmon

Salmon adalah salah satu sumber protein yang bagus dinikmati saat sedang sakit. Makanan ini lembut, dan kaya omega-3 sehingga sangat efektif untuk efek anti-inflamasi. Salmon juga kaya akan vitamin, mineral, vitamin D, yang mana sangat bermanfaat untuk mendorong fungsi sistem imun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kelapa tips sehat sakit Salmon
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top