Seorang warga mengabadaikan pemandangan saat matahari terbit di lereng Gunung Sindoro di kawasan wisata alam Posong, Kledung, Temanggung, Jawa Tengah/Antara
Travel

Ini 7 Aktivitas Outdoor yang Aman Dilakukan saat New Normal

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 9 September 2020 - 16:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Adanya pandemi virus corona (Covid-19) ternyata tak menghentikan aktivitas outdoor yang menyenangkan.

Dilansir dari siaran pers Pegipegi, Rabu (9/9/2020), di tengah perubahan kebiasaan yang terjadi, Anda masih bisa menikmati berbagai aktivitas outdoor.

Outdoor menjadi pilihan aktivitas karena terbukti memiliki risiko penyebaran virus yang lebih rendah daripada aktivitas indoor.  Dirangkum dari Mayo Clinic, virus Covid-19 terutama menyebar dari orang ke orang melalui cairan yang dilepaskan ke udara saat berbicara, batuk, atau bersin.

"Jadi, saat berada di dalam ruangan, Anda lebih mungkin menghirup cairan ini dari orang yang terinfeksi, terutama jika berada dalam jarak yang dekat," tulis Pegipegi.

Sedangkan saat berada di luar ruangan, udara segar yang terus bergerak dan berganti membantu menyebarkan cairan ini. Sehingga kecil kemungkinan akan terhirup. Menariknya lagi, berada di luar ruangan juga menawarkan keuntungan lain, yaitu membantu melepaskan stres atau perasaan tertekan yang Anda miliki.

Berikut beberapa aktivitas outdoor yang Pegipegi rangkum, sebagai referensi kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Semoga bermanfaat!

1. Berkunjung ke Taman Sekitar Rumah

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sekitar rumah, seperti berkunjung ke taman. Di taman, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan. Misalnya, jalan santai, berlari, bersepeda, bermain sepatu roda, dan memancing. Saat di taman, hindari trotoar yang padat dan jalan setapak yang sempit, lalu pilih rute yang memudahkan Anda untuk menjaga jarak. 

perkebunan teh
perkebunan teh

2. Piknik ke Hutan Kota atau Kebun Teh

Nah, weekend nanti mau ke mana? Yuk, kemas makanan dari rumah atau pesan makanan dari restoran untuk dinikmati bersama keluarga sambil piknik seru di hutan kota atau kebun teh favorit. Sebelum piknik, sebaiknya Anda mencari hutan kota atau kebun teh yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kota tempat Anda tinggal. Pastikan juga Anda dan keluarga selalu memakai masker dan menjaga kebersihan tangan.

3. Menonton Film di Bioskop Drive-in

Pandemi Covid-19 membuat Anda yang hobi menonton tidak bisa ke bioskop sementara waktu. Meski begitu tetaplah tenang, karena di beberapa kota sudah meluncurkan kembali bioskop drive-in atau menonton film dari dalam mobil, seperti Tangerang, Semarang, dan beberapa kota lainnya. Bioskop drive-in dapat dinikmati oleh banyak orang sekaligus, tentunya dengan menjaga jarak aman antar mobil.

4. Makan di Restoeab Outdoor atau Rooftop

Kangen makan-makan di restoran atau cafe? Tenang, hal ini tetap bisa Anda lakukan selama ruangan tersebut tidak terlalu padat atau banyak orang. Agar lebih aman, Anda bisa memilih restoran outdoor atau cafe rooftop yang menawarkan udara segar lengkap dengan pemandangan indah. Jangan lupa, selalu gunakan masker, baik sebelum dan sesudah makan atau minum.

camping di kaki gunung
camping di kaki gunung

5. Berkemah di Kaki Gunung

Berkemah bersama keluarga sambil menikmati pemandangan gunung menjadi solusi tepat menghilangkan penat. Yang perlu diingat, aktivitas ini menjadi berisiko jika ternyata Anda berkemah di antara orang-orang lain yakni di luar keluarga inti. Apabila lokasi berkemah cukup padat, pisahkan tenda dengan jarak setidaknya 1—2 meter dan hindari berbagi perlengkapan berkemah, termasuk makanan dan minuman. Selalu bawa sabun tangan, pembersih tangan, dan perlengkapan untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh.

6. Bermain Air di Pantai

Pada masa new normal ini, Anda sudah bisa bermain ke pantai, selama terus menerapkan protokol kesehatan. Jangan lupa, menjaga jarak setidaknya 1—2 meter dari orang-orang yang ada di sana untuk menghindari risiko tertular virus. Agar lebih aman, sebaiknya Anda memilih pantai-pantai yang sepi alias nggak populer dan selalu menggunakan masker sebelum Anda main basah-basahan. 

7. Barbeque ala Resto di Rumah

Bagi Anda yang ingin kumpul-kumpul di rumah, barbeque-an di luar ruangan bisa menjadi solusi. Namun yang terpenting, tamu yang datang tidak terlalu banyak, dan sesuaikan dengan luas ruangan, serta ingat untuk selalu menjaga jarak. Lakukan juga kegiatan yang tidak membutuhkan kontak dekat. Selain itu, sarankan tamu yang akan datang untuk membawa peralatan makan dan minum mereka sendiri. Jangan lupa, menggunakan masker, baik sebelum dan sesudah makan atau minum.

Itulah 7 aktivitas outdoor seru yang bisa Anda lakukan bersama keluarga ketika weekend nanti.

Apa pun aktivitas yang Anda pilih, jangan lupa untuk terus menerapkan protokol kesehatan di mana pun Anda berada, supaya #PegipeginyaLebihAman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro