Baksi, harimau berusia 14 tahun di Maharani Zoo./tangkapan video
Travel

Nasib Baksi, Harimau Tua Berusia 14 Tahun Saat Pandemi

Yudi Supriyanto
Selasa, 8 September 2020 - 15:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Seekor harimau dalam kondisi kurus viral. Harimau itu berada di tempat wisata Maharani Zoo dan Goa, Lamongan, Jawa Timur.

Official Maharani Zoo dan Goa mengungkapkan harimau itu adalah Harimau Sumatera dengan nama Baksi. Saat ini Baksi sudah berusia 14 tahun

"Usia maksimal Harimau Sumatera di alam 15 tahun dan di penangkaran maksimal 20 tahun," katanya kepada Bisnis pada Selasa (8/9/2020).

Official mengungkapkan harimau dalam video viral tersebut dalam keadaan sehat lantaran tetap diberi nutrisi seperti biasanya setiap hari sesuai standar nutrisi satwa dan tidak ada pengurangan jumlah porsinya.

Untuk menjaga naluri liar harimau, pihaknya memberikan 5-6 kilogram (kg) daging dan ayam hidup seminggu sekali.

Kondisi usia harimau yang tua membuat metabolisme tubuhnya berbeda jika dibandingkan dengan harimau yang lebih muda. Selama berada di Maharani Zoo, baksi sudah berhasil membuahi 3 ekor betina.

Hingga kini, populasi harimau sumatera diperkirakan sekitar 600 ekor pada 2018. Estimasi yang dijadikan patokan pada 2018 itu, berdasarkan persebarannya di 23 lanskap Pulau Sumatra. Sebagai informasi pada 1992, perkiraan populasi harimau sumatra sekitar 400-an ekor yang dihasilkan dari analisis di 7 lanskap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro