Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menikmati Menu Khas Tradisional Indonesia Ala Hotel Bintang 5

Dia menjelaskan setiap menu dipersiapkan dan disajikan dengan tata cara yang elegan namun masih dengan mempertahankan esensi dari cita rasa asli masakan Indonesia.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 September 2020  |  13:59 WIB
Tomahawk Maranggi
Tomahawk Maranggi

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah tutup selama beberapa bulan di masa pandemi dan penerapan PSBB dari pemerintah, kini restoran 1945 di Fairmont Hotel telah buka kembali dengan nuansa dan pilihan menu baru. 

“Kembali dioperasikanya pelayanan di restoran 1945 ini kami lakukan setelah para chef kami melakukan pengembangan menu nusantara dengan berbagai teknik memasak inovatif guna menghadirkan kekayaan ragam cita rasa khas Indonesia dengan nuansa bintang lima yang elegan. Kami optimistis dengan menu dan standard pelayanan baru, kami dapat senantiasa memberikan pengalaman kuliner terbaik pada era baru saat ini,” ujar Felicia Setiawan, Director Marketing Communications Fairmont Jakarta dikutip dari siaran persnya.

Dia menjelaskan setiap menu dipersiapkan dan disajikan dengan tata cara yang elegan namun masih dengan mempertahankan esensi dari cita rasa asli masakan Indonesia.

Sebagai hidangan pembuka, 1945 menawarkan pilihan aneka jajanan favorit Indonesia seperti Tuna Gohu (ikan tuna ekor kuning yang diiris tipis, dengan saus gohu, telur ikan, daun kemangi dan remahan kacang), Pecel Kembang (aneka sayur rebus yang disajikan dengan rempeyek, edible flowers, dan saus pecel), Beef, Lamb and Chicken Satay (aneka daging tusuk yang dibakar di atas arang kayu, disajikan dengan bawang goring, saus kacang, dan sambal cabai kering), Kepiting Gandum (kepiting cangkang lunak yang digoreng kering, remahan oatmeal, daun kari, cabai, dan saus bunga jahe), Pangsit Goreng (pangsit isi daging buntut sapi yang renyah, disajikan dengan bawang hitam dan limo Aioli), dan Lumpia Bebek (risol daging bebek dengan saus mayonnaise betutu dan kacang pedas). 

Bagi mereka yang menyukai hidangan pembuka berupa sup, ada juga aneka sup hangat seperti Sop Buntut (yang disajikan dengan wortel muda, kentang, daun seledri, dan minyak daun jeruk), Pangsit Kuah (mia kuah ayam dan truffle, dengan pangsit hati angsa, sayur bok choi dana yam panggang kecap asin), dan sebagai hidangan sup khas 1945 adalah Rawon Sum Sum (kaldu kemiri, dengan tulang sumsum panggang, tomat, seledri, dan taoge). 

Para pecinta mie juga bisa menikmati menu Mie Goreng Hitam (mie hitam goring, dengan daing lobster bumbu Bali, minyak terasi udang, sayur bok choi, jagung muda, dan kerupuk pedas), Kwetiau Goreng (mie tepung beras goreng, dengan daging short rib bumbu rawon, sayur bok choi, jamur shitake pangganga, jagung mudah, dan kerupuk kemangi yang renyah), dan 1945 Nasi Goreng (nasi goreng disajikan dengan daging wagyu, 

Sebagai hidangan utama, 1945 menawarkan kelezatan pilihan daging bakar dan panggang. Beberapa hidangan khas-nya antara lain adalah Tomahawk Maranggi (terinspirasi dari makanan Sate Maranggi – sate daging khas Sunda yang dimasak menggunakan bahan-bahan seperti kunyit, ketumbar dan lengkuas untuk mengempukkan daging dan memberi aroma pada daging). Jamu Salt Crusted Kerapu Bintang (ikan kerapu yang dibalur dan dibungkus garam laut yang sudah di-infused dengan jamu dan bagian dalamnya dikukus untuk menghasilkan daging yang empuk dan lembut), Wagyu Beef Cheek Rendang (daging pipi sapi yang diolah dengan teknik sous-vide selama 2 jam, dan dimasak dengan pesto daun kemangi, cabai merah goreng, santan kelapa dan kering kentang), dan Ikan Pecah Kulit (ikan yang ditemukan di selatan pulau Jawa di samudera Hindia yang tinggal dan bersembunyi di antara terumbu karang, sehingga cukup sulit dicari. Ikan ini memiliki cita rasa yang manis ketika digoreng dan kulitnya pun juga terkenal enak).

Selain itu, 1945 juga menawarkan sajian Seabass Woku (ikan seabass yang dibakar, disajikan dengan cabai merah dan hijau, tomat hijau, sereh dan daun bawang), Salmon Sambal Pecel (salmon goreng dengan sambel pecel, kacang panjang, kenikir, kecipir dan cabai), Ayam Bakar Madu (hidangan ala Jogjakarta berupa daging kaki ayam yang dibakar dengan madu, daun kari, sambal cabai hijau asap, dan kentang), Kalio Udang (Udang galah yang direbus dengan kelapa dan sereh, daun jeruk, lemon, basil, santan dan disajikan dengan daun kari kering), dan Kambing Bakar Karo (dihidangkan dengan sayur daun singkong, kecombrang dan saus hati ayam).

1945 juga membawa hidangan penutup khas Indonesia ke level berikutnya. Salah satu hidangan penutup andalannya adalah Tape Tarte Tatin – sajian tape yang diolah dengan teknik memasak Perancis. Tape terbaik konon berasal dari Sukabumi, dimana ukurannya besar dan menghasilkan rasa yang lebih kuat dan beraroma buah. Sumber tape yang bekerja sama dengan 1945 sudah menghasilkan tape Sukabumi selama lebih dari 6 generasi. Hidangan tape ini disajikan dalam bentuk crispy puff pastry, dimana tape dikaramelisasi dan disiram bumbu caramel, serta disajikan dengan es krim rasa kelapa. 

Hidangan penutup andalan lainnya adalah Durian Panacotta. Durian kerap disebut sebagai rajanya segala buah di Indonesia dan dikenal karena memiliki aroma dan rasa yang kuat. Untuk hidangan ini, 1945 menggunakan durian dari Medan karena dianggap lebih manis dan daging buah yang lebih lembut. Durian kemudian disajikan dalam bentuk panacotaa, dengan sorbet nanas, dan durian foam. Nanas memiliki peran penting dalam hidangan ini karena menyeimbangkan rasa manis yang intens dari durian dengan rasa asam dari nanas.

Selain itu, 1945 juga menawarkan pilihan hidangan penutup lain seperti Es Teler Cheesecake (cheesecake kelapa dengan alpukat, gel buah nangka dan tuile kelapa), Pisang Goreng (pisang goreng dengan es krim dan kacang rempah), Limo and Ginger Crème Brulee (vla telur yang diberi rasa rempah-rempahan, dan disajikan dengan sorbet manga), dan Bomb Alaska Markisa Medan (kue sponge pandan kelapa, kue sponge markisa, dan disajikan dengan kue busa yang dibakar).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel kuliner
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top