Istana Changdeok, Korea Selatan ditutup karena pandemi virus corona./Visit Korea
Travel

Korea Selatan Perpanjang Pembatasan Jarak Sosial

Yudi Supriyanto
Jumat, 4 September 2020 - 18:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Korea Selatan memutuskan memperpanjang kebijakan pembatasan jarak sosial nasional yang sedang berlangsung selama 2 minggu meskipun kasus harian di negeri tersebut berada di bawah 200 kasus dalam 2 hari berturut-turut.

Dilansir dari South China Morning Post, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea mengungkapkan infeksi baru mencapai 198 pada Jumat (4/9/2020), membuat total kasus menjadi 20.842 kasus.

Pihak berwenang ingin mengendalikan kasus baru setiap hari menjadi sekitar 100 kasus sehingga mereka dapat memastikan pekerja karantina tidak kewalahan mengatasi jumlah kasus positif Covid-19.

Tetapi meningkatnya jumlah kasus yang tidak terkait dan munculnya kelompok infeksi baru semakin memperumit masalah.

Perdana Menteri Chung Sye-kyun mengatakan bahwa pemerintah sangat menyadari gangguan yang ditimbulkan pada bisnis kecil dan orang biasa, tetapi pemerintah harus menarik kendali lebih keras saat ini untuk menghindari rasa sakit yang lebih besar.

“Kita harus berhenti sampai kita berhasil membalikkan keadaan daripada mengurangi jarak secara prematur dan menciptakan bencana yang lebih besar,” katanya, Jumat (4/9/2020).

Korea mencatat infeksi cluster telah terjadi di tempat-tempat utama seperti pabrik kimchi dan rumah sakit besar di Seoul .

Korea Selatan, yang awalnya berhasil mengendalikan virus selama lebih dari 5 bulan, telah melihat lonjakan kasus di gereja, rumah sakit, pusat kebugaran, panti jompo, pabrik, kafe, dan tempat kerja lainnya sejak pertengahan Agustus.

Saat ini, di bawah batasan Level 2 yang diberlakukan di seluruh negeri, pertemuan dalam ruangan lebih dari 50 orang dan pertemuan di luar ruangan lebih dari 100 orang telah dilarang dan fasilitas berisiko tinggi, termasuk ruang karaoke, klub, kafe, dan prasmanan, telah ditutup .

Seoul tunduk pada kontrol yang lebih ketat, dengan jam kerja terbatas untuk restoran dan kedai kopi hanya diperbolehkan untuk menawarkan takeaways - ini telah diperpanjang selama seminggu.

Chung mengatakan dia prihatin bahwa rasa puas diri akan muncul, terutama di kalangan anak muda dan meminta mereka untuk memakai masker dan mempraktikkan kebersihan yang baik.

Sementara itu, ribuan dokter yunior pada Jumat dilaporkan mengakhiri pemogokan selama dua minggu mereka sebagai protes terhadap skema reformasi medis pemerintah setelah kesepakatan dicapai dengan pemerintah dan Partai Demokrat yang berkuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro