Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sepi Pengunjung, Resor Mewah di India Disulap Jadi Kolam Ikan

Resor mewah di India Selatan biasanya penuh dengan turis dari Eropa dan seluruh dunia. Namun, pandemi membuat resor disulap jadi kolam ikan.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 01 September 2020  |  13:38 WIB
Resor mewah India Selatan bernama Aveda Resort dijadikan kolam ikan, untuk menjaga pendapatan selama pandemi. - Arabnews
Resor mewah India Selatan bernama Aveda Resort dijadikan kolam ikan, untuk menjaga pendapatan selama pandemi. - Arabnews

Bisnis.com, JAKARTA – Industri perjalanan dan perhotelan menjadi salah satu sektor yang paling terpukul selama pandemi Covid-19. Sebuah resort di Kerala, India menggunakan pendekatan kreatif untuk beradaptasi dengan dampak pandemi.

Dilansir dari Arabnews, sebuah resor mewah India Selatan bernama Aveda Resort mengambil tindakan drastis dengan mengubah kolam renang mewah mereka menjadi tempat peternakan ikan, guna menopang bisnis utama mereka yang tutup.

Biasanya, resor mewah tersebut dipenuhi dengan turis dari Eropa dan seluruh dunia. Para turis akan menempati kolam renang untuk sekadar bersantai atau berolahraga. Namun kolam renang setinggi 150 meter itu kini dipenuhi dengan ikan bintik mutiara.  

Sebagaimana diketahui, sejak Maret lalu India telah mengeluarkan aturan lockdown secara nasional yang melarang hotel dan resort beroperasi dengan adanya kasus pandemi. Oleh sebab itu, General Manager Aveda Resort Jyotish Surendran mengatakan pihaknya mencoba hal lain.

hotel di India, jadi kolam ikan

“Pendapatan kami jadi nol. Akhirnya pada bulan Juni, kami menempatkan sekitar 16.000 ikan bintik mutiara berumur dua bulan di tempat [kolam renang hotel] itu,” katanya seperti dikutip World of Buzz, Selasa (1/9/2020).

Ikan mutiara adalah bahan populer dalam masakan India Selatan dan Timur Tengah. Ikan ini membutuhkan waktu sekitar 8 bulan untuk mencapai ukuran penuh siap proses. Aveda Resort berencana memanen ikan pad November dan mengekspornya ke Timur Tengah.

resor mewah, hotel mewah, jadi kolam ikan,

Mereka menargetkan pendapatan sekitar Rp500 juta dari ekspor tersebut. Pendapatan ini tidak akan cukup untuk menutupi kerugian yang ditimbulkan dari penutupan akibat pandemi. Ini hanya akan digunakan untuk menutup tagihan dasar guna menjaga bisnis tetap berjalan sembari menunggu operasional kembali dibuka.

Berdasarkan data Worldometer, hingga hari ini India mencatatkan jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 3,6 juta kasus infeksi. Tertinggi ketiga di dunia, tepat di bawah Amerika Serikat dan Brasil. Adapun, angka kematiannya mencapai 65.000 kasus dan jumlah pasien sembuh sebanyak 2,8 juta kasus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

india ikan hotel dan resorts kolam renang
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top