Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Intip Perjalanan Dufan Selama 35 Tahun

Saat beroperasi pada 1985, luas kawasan Dufan Ancol hanya 11 ha, kini luas lokasi wisata ini telah menjadi 21 ha.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 29 Agustus 2020  |  09:22 WIB
Taman hiburan Dunia Fantasi (Dufan) bakal menghadirkan wahana terbaru yang bernama Dunia Kartun pada pertengahan tahun ini. JIBI/Bisnis - Syaiful Milah
Taman hiburan Dunia Fantasi (Dufan) bakal menghadirkan wahana terbaru yang bernama Dunia Kartun pada pertengahan tahun ini. JIBI/Bisnis - Syaiful Milah

Bisnis.com, JAKARTA – Lokasi wisata, Dunia Fantasi (Dufan) Ancol telah genap berusia 35 tahun, pada 2020.

Dunia Fantasi Ancol memulai perjalanannya pada 29 Agustus 1985. Buat kamu yang punya kenangan dan hobi menghabiskan liburan di kawasan ini, wajib mengetahui perjalanannya dari tahun ke tahun.

Perjalanan Dufan berasal dari cita-cita untuk menciptakan kebahagiaan seluruh keluarga Indonesia. Seperti sebuah perjalanan, Dunia Fantasi Ancol selalu bergerak untuk maju dan melakukan inovasi untuk menciptakan dan menghadirkan pengalaman liburan indah dan seru yang tidak terlupakan.

Saat dibuka, kawasan Dufan hanya memiliki luas 10 hektar dengan 12 wahana yang seru untuk memacu adrenalin. Kemudian lokasi diperluas menjadi 12 hektar dengan 18 wahana di rentang tahun 1988 – 1992.

Tak berhenti di situ, penambahan jumlah kunjungan membuat Dufan terus melakukan inovasi.

Pada rentang waktu 2002 – 2012 Dunia Fantasi menambah wahananya dengan total 25 wahana dan luasan 18 hektar lalu bertambah 5 wahana baru pada rentang waktu 2014 – 2017, sehingga memilki 30 wahana dengan luas area 19 hektar.

Dengan motto inovasi tiada henti, kini area bermain yang memiliki keistimewaan di hati masyarakat melengkapinya dengan 36 wahana dengan kawasan yang lebih luas lagi yaitu 21 hektar. Tentunya adanya perluasan kawasan dan penambahan wahana ini tidak lain hanya ingin menjadikan kawasan Dunia Fantasi sebagai destinasi wisata dan liburan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Teuku Sahir Syahali, Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol mengungkapkan bahwa denyut inovasi Dunia Fantasi tidak pernah berhenti. Diharapkan dengan selalu hadirnya wahana baru di kawasan ini dapat menambah kebahagiaan dan kegembiraan seluruh anggota keluarga.

"Dunia Fantasi Ancol hadir dengan membawa cerita dalam setiap kawasannya. Sebab kini tidak hanya kalangan remaja saja yang dapat menikmatinya, tetapi seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak di kawasan terbaru Dunia Kartun," tulisnya dalam keterangan resmi, Sabtu (29/8/2020).

Dia mengungkapkan hanya di Dufan pengunjung diajak berpetualang dengan 9 kawasan yang tematik. Kawasan Hikayat, Indonesia, Eropa, Yunani, Jakarta, Asia, Amerika, Kidz Fantasy, dan Dunia Kartun merupakan nama-nama kawasan yang memiliki keunikan berbeda-beda mulai dari tema arsitektur bangunan dan ornamennya.

Sejumlah fasilitas pendukung yang ada di dalamnya juga terus ditingkatkan kualitasnya, dan terus mempertahankan pelayanannya dengan standarisasi pelayanan bersertifikat ISO 9001 – 2005. Tentunya semata-mata hanya ingin memberikan pengalaman dan pelayanan prima yang tak akan terlupakan.

Di depan masih banyak impian untuk menjadikan Dunia Fantasi Ancol sebagai kawasan wisata dan hiburan yang semakin berkualitas. Sebuah mimpi yang menjadikan Dunia Fantasi selalu menjadi kebanggan Indonesia dan menjadi Dunia Keajaiban dan Kegembiraan Keluarga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ancol taman impian jaya ancol dufan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top