Ilustrasi/Reuters
Travel

Simak 7 Tips Penting Traveling di Normal Baru

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Kamis, 27 Agustus 2020 - 16:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Rindu mau liburan? Atau, tidak sabar rasanya ingin traveling kembali ketika situasi sudah mulai pulih?

Kini pemerintah mulai memberikan protokol keamanan terbaru untuk menghadapi situasi new normal alias pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tentu banyak destinasi yang ingin dikunjungi karena tertunda selama pandemi, baik itu pantai ataupun hotel favorit.

Pegipegi melalui siaran pers yang diterima Bisnis.com, Kamis (27/8/2020), dalam kampanye dengan hashtag #NantiKitaPegipegiLagi Pegipegi menawarkan upaya tetap 'terlindungi' selama traveling.

Berikut tips aman traveling yang dirangkum menurut tim Pegipegi. Tips aman ini terbilang mudah.

1. Selalu membawa hand sanitizer

Cuci tangan secara berkala sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan, apalagi mengingat banyak kuman hingga virus yang dapat menempel di tangan. Selain itu, Anda juga sangat sering menyentuh wajah dengan tangan. Penelitian menunjukkan Anda menyentuh wajah menggunakan tangan bahkan hingga 23 kali hanya dalam satu jam. 

Jika mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir tidak memungkinkan, maka hand sanitizer dapat digunakan menjadi pengganti sabun cuci tangan di mana keefektifannya tidak jauh berbeda. Studi yang dilakukan University of Maryland menunjukkan, jumlah bakteri yang tertinggal pada tangan yang dibersihkan menggunakan sabun dan hand sanitizer ternyata tidak jauh berbeda.

2. Gunakan masker kain di mana pun

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah merekomendasikan bahwa semua orang untuk mengenakan masker kain jika ingin pergi ke tempat umum. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus dari orang tanpa gejala (OTG). Namun, dengan menggunakan masker bukan berarti aman untuk berdekatan dengan orang lain. Akan tetapi, harus tetap memperhatikan protokol menjaga jarak yang baik dan benar.

3. Pilih kursi di dekat jendela pesawat

Jika memungkinkan, saat bepergian dengan pesawat, pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela. Sebuah penelitian dari Emory University menemukan, bahwa selama musim flu tempat teraman untuk duduk di pesawat adalah dekat jendela. Mengapa? Karena orang yang duduk di kursi dekat jendela memiliki lebih sedikit kontak dengan orang yang berpotensi sakit.

4. Bawa peralatan makan sendiri

Peralatan makan dan minum seperti sendok, garpu, dan tumblr dapat dibawa ke mana pun ketika bepergian. Dengan membawa peralatan makan sendiri, maka dapat mencegah terjadinya penularan.

5. Check-in secara online

Anda tahu bahwa salah satu medium penyebaran virus adalah dengan sentuhan. Sedangkan boarding pass adalah salah satu benda yang sering berpindah tangan dan disentuh untuk pengecekan. Solusi untuk mengurangi sentuhan di masa pengecekan yaitu dengan melakukan boarding pass online. Oleh karena itu, Anda lebih disarankan untuk langsung check-in online di aplikasi Pegipegi.

6. Bawa termometer digital sendiri

Pengecekan suhu tubuh sudah normal dilakukan di area publik saat ini. Biasanya dengan cara 'menembakkan' termometer infrared digital di bagian atas mata (dahi). Namun karena bentuknya yang besar dan harganya yang relatif mahal, membawanya secara mandiri tidaklah ideal. Namun, Anda bisa membeli termometer yang lebih kecil dan harganya pun lebih murah sekitar Rp20.000-Rp40.000 di toko belanja online. Dengan membawa termometer ini, Anda bisa mengecek suhu tubuh secara reguler di destinasi yang akan Anda tuju. Hal ini juga untuk memastikan apabila And memiliki gejala demam. 

7. Pilih destinasi outdoor ketimbang indoor

Anda tenty tahu bahwa penyebaran virus lebih banyak di tempat tertutup (indoor) dan padat. Hal ini membuat destinasi outdoor seperti taman, pantai, gunung, dan sejenisnya akan lebih populer. Selama menerapkan protokol menjaga jarak, destinasi outdoor cenderung lebih aman. 

Dengan menerapkan tips di atas, keamanan Anda juga akan lebih terjaga. Rasa aman saat traveling sangat penting agar Anda tidak stres di tempat tujuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro