Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berwisata ke Batam, Kunjungi Tempat-tempat ini

Menyelam, menikmati kuliner hingga bersantai di tepi pantai menjadi kenikmatan tersendiri bagi pelancong di Batam.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 26 Agustus 2020  |  20:17 WIB
Nelayan tradisional melintasi kawasan Jembatan Barelang di kelurahan Tembesi, Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (28/4/2018). - ANTARA/Irwansyah Putra
Nelayan tradisional melintasi kawasan Jembatan Barelang di kelurahan Tembesi, Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (28/4/2018). - ANTARA/Irwansyah Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Batam merupakan salah satu kota maju dan menjadi salah satu pusat berbisnis di Indonesia. Meskipun begitu, kota ini memiliki sisi lain yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan ketika berada di Batam, menikmati pesona yang sayang jika dilewatkan.

Dilansir dari Indonesia Travel, para pelancong dapat menikmati sajian menarik, dari pantai hingga makanan ketika mengunjungi Batam.

Pantai: Pantai Nongsa, Pantai Viovio, Pantai Melur, Pantai Melayu

Terdapat banyak pantai indah yang bisa pelancong kunjungi ketika berada di Batam, yakni mulai dari Pantai Nongsa hingga pantai Melayu. Di Pantai Nongsa, pelancong bisa menikmati hamparan pasir putih yang terkenal sangat indah. sedangkan pada malam hari, pelancong dapat dimanjakan dengan gemerlap cahaya negara tetangga.

Di Pantai Viovio yang terletak di pulau Galang, pelancong dapat  berburu sunset yang spektakuler atau sekadar menjajal olahraga air, seperti perahu karet dan banana boat. Tidak jauh, pelancong juga dapat menikmati Pantai Melur yang menawarkan panorama air yang sangat bening sambil merasakan terpaan angin sepoi-sepoi di tepi pantai.

Pantai ini pun terbilang aman untuk wisatawan karena kontur tanahnya yang landai. Jadi, para wisatawan tidak perlu khawatir bermain-main di pantai ini sampai sejauh 500 meter dari bibir pantai.

Jika ingin berenang, maka pelancong dapat mengunjungi Pantai Melayu yang terletak di Pulau Rempang. Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai wahana air tanpa harus khawatir karena ombak di pantai ini cukup tenang.

Santai di Tepi Air: Harbour Bay, Ocarina Park

Jika pelancong ingin bersantai sambil memandangi panorama laut yang indah, maka Harbour Bay dan Ocarina Park bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Selain bisa bersantai, di tempat ini pelancong dapat berbelanja, menjajal kuliner, bahkan menyeberang ke Singapura.

Sementara di Ocarina Park, pelancong bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan. Taman hiburan seluas 40 hektare ini menyediakan banyak permainan untuk anak-anak maupun orang dewasa seperti trampolin dan flying fox. Pelancong juga dapat menaiki bianglala raksasa sembari memandangi kota Batam dari ketinggian.

Menyelam  Pulau: Pulau Abang Besar, Pulau Hantu, Pulau Labun, Pulau Petong

Terletak di sebuah kepulauan membuat daerah ini menyimpan keanekaragaman laut yang luar biasa. Pulau Abang Besar di bagian selatan kota Batam adalah salah satu pulau yang dapat menjadi tempat bagi pelancong untuk menjelajah keindahan bawah laut batam.

Ada 149 jenis ikan karang dari 27 kelompok ikan yang bisa pelancong jumpai ketika menyelam atau snorkeling di sekitar pulau ini. Pulau ini juga dikelilingi oleh pulau-pulau kecil lainnya, seperti Pulau Hantu dan Pulau Petong.

Di Pulau Hantu, pelancong juga akan dimanjakan dengan keindahan bawah lautnya mengingat pulau ini menjadi rumah bagi terumbu karang warna - warni dan kerang. Sementara itu, wisatawan juga dapat melihat keindahan terumbu karang yang masih asli, spon tabung kuning, ikan pari dan ikan badut di Pulau Petong..

Menikmati Matahari Terbenam di Jembatan Barelang yang Ikonik

Sebelum petang, pelancong bisa berkendara melewati Jembatan Barelang, dan menikmati panorama sunset. Jembatan Barelang semula bernama Jembatan Fisabilillah, namun penduduk setempat menyebutnya Barelang yang merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang.

Jembatan ini menghubungkan daratan Batam dengan banyak pulau kecil yaitu Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Kuliner yang Lezat: Sop Ikan Batam, Siput Gonggong, Bingka Bakar, Mie Tarempa

Tidak lengkap rasanya jika lidah tidak merasakan masak - masakan lokal yang kita kunjungi. Jadi, pelancong harus mencicipi masakan khas ketika berada di Batam. Salah satu kuliner yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan ketika ke Batam adalah kuliner lautnya.

Sup ikan yang gurih, daging siput laut yang lembut, dan mie tarempa yang tersaji di atas meja dengan suwiran ikan tongkol, dan manisnya bingka bakar siap memanjakan lidah ketika berada di Batam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam traveling Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top