Gedung Bioskop
Travel

Sejumlah Negara Sudah Buka Bioskop, Bagaimana Indonesia?

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 26 Agustus 2020 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan akan membuka kembali bioskop di Jakarta.

Dilansir dari BBC, Selasa (26/8/2020), per Juli 2020 sejumlah bioskop di seluruh dunia sudah kembali beroperasi.

Kebijakan ini diambil mengingat kurva penyebaran Covid-19 mencatatkan penurunan. Apalagi, sebagian negara sudah lebih awal melakukan lockdown dan isolasi mandiri sejak Februari sampai Maret 2020.

Beberapa negara yang sudah menekan angka penyebaran Covid-19 lebih awal misalnya saja Swedia, Taiwan, dan Korea Selatan.

Alhasil, Korea Selatan pun sudah kembali membuka bioskop dan menyiarkan Greatest Showman per Juni lalu. Korea Selatan pun tercatat sebagai negara yang sangat cepat mengaktivasi bioskop kurang dari tiga bulan masa pemulihan Covid-19.

Sejumlah negara Eropa lainnya seperti Kroasia dan Denmark bahkan sudah berani membuka kembali bioskop sejak Mei 2029. Perancis juga sudah membuka kembali bioskop dengan menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan sosial.

Italia pun seiring dengan penurunan kurva kasus Covid-19, mulai membuka bioskop dengan pembatasan jumlah penonton yakni 200 untuk indoor dalam satu hari, dan 1000 untuk pemutaran film outdoor. Inggris juga membuka bioskop mereka pada bulan Juli lalu.

Di Finlandia, bioskop juga mulai beroperasi Junin2020. Menurut Komite Perfilman Finlandia, Tero Koistinen, dalam masa tahap pembukaan awal hanya 10% dari total 350 layar bioskop yang diizinkan beroperasi.

"Bioskop yang akan dibuka kembali akan menayangkan film terbaru. Namun saat ini volume pasar penonton juga belum tinggi," tuturnya.

Oleh sebab itu dia menilai hanya sebagian warga Finlandia saja yang benar-benar berminat untuk menonton terutama film-film dalam negeri.

Sebagian besar pangsa penonton film adalah penggemar Hollywood yang saat ini belum menunjukkan tren kembali menonton.

Sampai saat ini, Indonesia masih dalam tahapa kajian untuk mulai kembali membuka aktivitas bioskop. Secara khusus, Pemprov DKI Jakarta masih melakukan kajian dalam upaya mulai mengaktivasi industri layar lebar dalam waktu dekat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan dalam waktu dekat pihaknya bakal membuka kembali bioskop dan sinema saat pandemi Covid-19 belum menunjukkan kurva yang melandai di Ibu Kota.

Langkah itu diambil, menurut Anies, setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempelajari sejumlah kajian ihwal pembukaan bioskop dan sinema di 47 negara di tengah pandemi Covid-19.

“Kita merujuk pada studi dan kajian pakar terkait dengan penanganan dan pengelolaan kegiatan bioskop yang sudah dibuka di berbagai negara, 47 negara pada saat ini kegiatan bioskop sudah berjalan seperti biasa,” kata Anies saat memberi keterangan pers di BNPB pada Rabu (26/7/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro