Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jalan-jalan ke Jawa Barat, Ini 3 Hotel Bersejarah di Bandung dan Bogor

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang seringkali menjadi lokasi tujuan berwisata khususnya bagi warga DKI Jakarta
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  13:34 WIB
Hotel Salak the Herritage
Hotel Salak the Herritage

Bisnis.com, JAKARTA -- Wisata dengan menginap di hotel bersejarah memberi sensasi tersendiri dari desain interior hingga kilas balik sejarah.

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang seringkali menjadi lokasi tujuan berwisata khususnya bagi warga DKI Jakarta. Iklim dingin dengan tanah yang berbukit-bukit menjadi pesona tersendiri yang memikat banyak orang membangun properti di wilayah ini sebagai rumah wisata dan peristirahatan.

Tren itu sudah lama terlihat dari banyaknya bangunan tua dan bersejarah yang ada di Bandung, Bogor, dan sekitarnya. Daya pikat bangunan dan sejarah yang terkandung di dalamnya memberi nilai tambah bagi alih fungsi bangunan tersebut, termasuk sebagai hotel.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis.com, Minggu (23/8/2020), berikut 3 hotel bersejarah yang perlu Anda sambangi jika bertandang ke Bogor atau Bandung.

1. Hotel Savoy Homann, Bandung

Hotel Savoy Homann di Bandung berdiri sejak 1871, dengan nama awal Hotel Homann sesuai nama pemiliknya, Homman yang berkebangsaan Jerman. Saat itu, hotel ini terbuat dari bambu sebelum kemudian pada 1880 bangunan hotel ini dibangun kembali dengan tembok batu bata.

Gedung yang berdiri menghadap Jalan Asia Afrika baru dibangun pada 1937 yang dirancan arsitek A.F. Albers bergaya art deco. Sejak tahun itu pula hotel bersejarah ini dikenal dengan nama Savoy Homann Hotel.

Mengalami berbagai pergantian kepemilikian, hotel bersejarah di Indonesia satu ini juga pernah menjadi pilihan akomodasi tokoh-tokoh dunia seperti aktor Charlie Chaplin dan pemimpin-pemimpin negara pada saat Konferensi Asia-Afrika seperti Cho En Lai dan Jawaharlal Nehru.

2. Hotel Prama Grand Preanger, Bandung

Hotel Prama Grand Preanger adalah hotel yang berlokasi di Jalan Asia Afrika, Bandung. Hotel Prama Grand Preanger adalah rancangan C.P. Wolff Schoemaker. Dia adalah guru arsitektur Soekarno.

3. Hotel Salak The Heritage, Bogor

Hotel ini berada di Jalan Ir Djuanda No.8, Bogor. Gedung yang dibangun pada 1856, awalnya bernama Bellevue-Dibbets Hotel yang dimiliki oleh keluarga Gubernur Jenderal VOC untuk akomodasi para elit pemerintahan VOC.

Fungsinya saat itu untuk tempat penginapan para Jenderal Belanda. Tak heran jika hotel ini punya arsitektur khas Eropa.

Namun, pada saat pendudukan Jepang hotel ini kemudian sempat dijadikan markas militer sebelum akhirnya setelah Indonesia Mereka pada 1948 hotel ini dijadikan dengan nama Hotel Salak.

Pada 1998, hotel ini kemudian berubah nama menjadi Hotel Salak The Heritage.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandung wisata trip
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top