Hotel Indonesia Kempinski
Travel

Menapaki 3 Hotel Bersejarah Jakarta

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Minggu, 23 Agustus 2020 - 13:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bagi para traveler, menginap di hotel bersejarah bisa menjadi nilai tambah dalam menapaki perjalanan di suatu kota.

Indonesia dengan perjalanan sejarah yang oanjang dari masa penjajahan, kemerdekaan sampai pasca kemerdekaan punya banyak bangunan tua.

Sejumlah bangunan itu pun banyak yang beralih fungsi menjadi hotel dan penginapan. Berikut sejumlah hotel bersejarah di Jakarta yang wajib Anda ketahui.

1.    Hotel Indonesia Kempinski

Menapaki 3 Hotel Bersejarah Jakarta

Hotel yang berlokasi di Jalan MH Thamrin No. 1, Jakarta Pusat, ini merupakan hotel bintang lima pertama sekaligus gedung tertinggi pertama di Jakarta. Adapun hotel ini dibangun dari hasil rampasan perang dengan Jepang.

Hotel Indonesia, digagas oleh Presiden Soekarno dan diresmikan pada 1962 untuk menyambut Asian Games IV. Sejak itu, hotel bersejarah di Indonesia ini tak cuma jadi akomodasi bagi para atlet, tetapi juga para pejabat tinggi serta tamu-tamu penting pada masa itu. Hotel bersejarah ini memiliki "Signatures Restaurant" yang merupakan restoran favorit sang proklamator.

Hotel Indonesia beralih menjadi Hotel Indonesia Kempinski setelah 2004 dia dikelola oleh Kempinski Group. Sampai sekarang, Hotel Indonesia Kempinski masih menjadi salah satu hotel termewah dan termegah yang ada di Jakarta, bahkan Indonesia.

2. The Hermitage Hotel Jakarta

Menapaki 3 Hotel Bersejarah Jakarta

Salah satu hotel bersejarah di Jakarta dengan arsitektur khas zaman kolonial adalah The Hermitage Hotel yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Bangunan ini dibangun 1920, dan awalnya adalah gedung pemerintahan dan pisat telekomunikasi pemerintahan Hindia Belanda.

Selepas kemerdekaan, hingga 2008 lalu bangunan peninggalan Belanda ini dikelola menjadi sebuah hotel dengan nama The Hermitage Hotel.

3. Hotel Sriwjaya Jakarta

Menapaki 3 Hotel Bersejarah Jakarta

Gedung yang dibangun pada 1863 ini awalnya adalah restoran milik Conrad Alexander Willam Cavadino.

Setelah Sembilan tahun sukses menjalankan restoran tersebut, Cavadino mendirikan hotel dengan nama Hotel Cavadino yang beroperasi sejak 1898 hingga 1899 sebelum kemudian berubah nama menjadi du Lion d'Or.

Pada 1941, hotel ini kembali berganti nama menjadi Park Hotel sebelum kemudian pada era 1950-an lebih dikenal dengan nama Hotel Sriwijaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro