Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menapaki 3 Hotel Bersejarah Jakarta

Sejumlah bangunan itu pun banyak yang beralih fungsi menjadi hotel dan penginapan.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 23 Agustus 2020  |  13:52 WIB
Hotel Indonesia Kempinski
Hotel Indonesia Kempinski

Bisnis.com, JAKARTA -- Bagi para traveler, menginap di hotel bersejarah bisa menjadi nilai tambah dalam menapaki perjalanan di suatu kota.

Indonesia dengan perjalanan sejarah yang oanjang dari masa penjajahan, kemerdekaan sampai pasca kemerdekaan punya banyak bangunan tua.

Sejumlah bangunan itu pun banyak yang beralih fungsi menjadi hotel dan penginapan. Berikut sejumlah hotel bersejarah di Jakarta yang wajib Anda ketahui.

1.    Hotel Indonesia Kempinski

Hotel yang berlokasi di Jalan MH Thamrin No. 1, Jakarta Pusat, ini merupakan hotel bintang lima pertama sekaligus gedung tertinggi pertama di Jakarta. Adapun hotel ini dibangun dari hasil rampasan perang dengan Jepang.

Hotel Indonesia, digagas oleh Presiden Soekarno dan diresmikan pada 1962 untuk menyambut Asian Games IV. Sejak itu, hotel bersejarah di Indonesia ini tak cuma jadi akomodasi bagi para atlet, tetapi juga para pejabat tinggi serta tamu-tamu penting pada masa itu. Hotel bersejarah ini memiliki "Signatures Restaurant" yang merupakan restoran favorit sang proklamator.

Hotel Indonesia beralih menjadi Hotel Indonesia Kempinski setelah 2004 dia dikelola oleh Kempinski Group. Sampai sekarang, Hotel Indonesia Kempinski masih menjadi salah satu hotel termewah dan termegah yang ada di Jakarta, bahkan Indonesia.

2. The Hermitage Hotel Jakarta

Salah satu hotel bersejarah di Jakarta dengan arsitektur khas zaman kolonial adalah The Hermitage Hotel yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Bangunan ini dibangun 1920, dan awalnya adalah gedung pemerintahan dan pisat telekomunikasi pemerintahan Hindia Belanda.

Selepas kemerdekaan, hingga 2008 lalu bangunan peninggalan Belanda ini dikelola menjadi sebuah hotel dengan nama The Hermitage Hotel.

3. Hotel Sriwjaya Jakarta

Gedung yang dibangun pada 1863 ini awalnya adalah restoran milik Conrad Alexander Willam Cavadino.

Setelah Sembilan tahun sukses menjalankan restoran tersebut, Cavadino mendirikan hotel dengan nama Hotel Cavadino yang beroperasi sejak 1898 hingga 1899 sebelum kemudian berubah nama menjadi du Lion d'Or.

Pada 1941, hotel ini kembali berganti nama menjadi Park Hotel sebelum kemudian pada era 1950-an lebih dikenal dengan nama Hotel Sriwijaya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel Jakarta
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top