Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bisnis Perhotelan Pulih Lebih Cepat Ketimbang Transportasi. Ini Alasannya!

Virus Corona (Covid-19) telah memukul sektor kuliner, perhotelan, dan transportasi. Namun, dari ketiga sektor ini, mana yang akan pulih lebih cepat?
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Agustus 2020  |  02:45 WIB
PO Hotel Semarang menawarkan promo
PO Hotel Semarang menawarkan promo "Stay 3 Pay 2 Package" berupa paket menginap 3 malam namun hanya membayar 2 malam. (Foto: Istimewa)

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) telah memukul sektor pariwisata seperti perhotelan, agen perjalanan, kuliner, dan transportasi di Indonesia.

Pimpinan Eksekutif atau CEO Traveloka Experience, Christian Suwarna mengatakan pandemi Covid-19 bukan sesuatu yang normal. "Tidak ada satu pun bisnis yang siap dengan situasi ini," katanya seperti yang dikutip dari Tempo, Sabtu (16/8/2020).

Virus corona yang  mewabah selama enam bulan terakhir membuat manusia beradaptasi dengan keadaan. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 sembari tetap menggerakkan kegiatan perekonomian. Solusinya, beraktivitas secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketata.

Belakangan, minat bepergian masyarakat pun tumbuh. Tandanya, jumlah penumpang pesawat bertambah. Christian Suwarna mengutip data Badan Pusat Statistik atau BPS yang mencatat jumlah penumpang pesawat terus turun hingga 80 persen selama pandemi Covid-19. "Tapi sekarang perlahan angkanya mulai naik," katanya.

Sejumlah daerah juga mulai membuka kembali destinasi wisata yang sebelumnya tutup total, setidaknya selama tiga bulan. Untuk pemulihan akomodasi, menurut dia, bisnis perhotelan menunjukkan tren yang paling positif.

Tandanya, tren staycation mulai meningkat pada Juni 2020, terutama di kota besar dengan populasi yang banyak. "Staycation menjadi pilihan berlibur yang aman dan tetap memperhatikan protokol kesehatan," katanya.

Christian Suwarna menambahkan, ketika pemerintah melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, perlahan muncul peningkatan aktivitas wisata. "Kalau dulu orang berwisata dengan bepergian naik pesawat, sekarang kami melihat wisata lokal atau staycation yang menjadi pilihan," ucapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat hotel perhotelan Traveloka

Sumber : Tempo.co

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top