Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menguak Rahasia Laris Manis Nasi Penjara Harga Mulai Rp3.000an

Saat keuangan sedang buruk langkah penghematan menjadi salah satu pilihan utama dalam melakukan melakukan konsumsi. Salah satunya dengan menekan biaya makan menjadi sekecil mungkin.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  16:16 WIB
Nasi penjara - instagram
Nasi penjara - instagram

Bisnis.com, JAKARTA – Media sosial kini tengah diramaikan dengan jajanan yang sedang viral yaitu nasi penjara.

Saat keuangan sedang buruk langkah penghematan menjadi salah satu pilihan utama dalam melakukan melakukan konsumsi. Salah satunya dengan menekan biaya makan menjadi sekecil mungkin.

Kini di Malang, Jawa Timur, Anda bisa menggelontorkan hanya Rp3.000 saja untuk sebungkus nasi dengan sayur tauge, sambal, dan kacang panjang. Racikannya yang sederhana ternyata tak membuat masakan ini kehilangan penggemar.

Nyatanya, dilansir dari Instagram @kokobuncit, alias Kuliner Surabaya, sajian ini bisa ditemukan di rumah makan Nasi Mami Cuka mini selalu laris manis dan banyak pembeli. Unggahan tersebut juga menunjukkan ramainya pembeli hingga rela mengantri demi mencicipi nasi penjara.

Mengapa disebut nasi penjara? Akun @kokobuncit menjelaskan, nasi penjara sebenarnya juga disebut nasi cadong. Makanan ini biasa dinikmati para tahanan di penjara yang hanya makan nasi dengan lauk sayur sederhana, tempe, atau telur rebus.

Rumah makan yang berlokasi di Jalan Puntodewo 1A, Polenan, Kota Malang. Rumah makan Nasi Mami Cuka mini beroperasi setiap hari mulai 17.00 WIB sampai 23.00 WIB.

Jika Anda ingin menambahkan lauk, Anda bisa menambahkan daging kikil yang tebal ditambah dengan tempe. Harga seporsinya dari Rp3000 menjadi Rp11.000 per porsi.

Nah, tak hanya kikil, Anda juga bisa melakukan diversifikan dan menikmati nasi penjara dengan ragam lauk lain. Misalnya saja ada telur ceplok, paru goreng, kikil, babat, tempe dan tahu.

Nasi penjara bukanlah menu masakan baru. Jika bertolak ke Bandung, Jawa Barat, makanan dengan nama nasi penjara juga tersedia di Jalan Trunojoyo. Sebuah restoran dibuka dengan nama Nasi Penjara.

Restoran ini menyediakan ragam masakan Indonesia, hingga masakan asing seperti pasta, yang diberi nama penjara. Sajian makanan itu pun unik, karena ditutupi dengan jeruji kayu yang membuat si penikmat akan melihat desain unik makanan yang berada dalam penjara.

Beberapa menu masakan di Nasi Penjara ini juga unik. Misalnya saja; Salad Udang Raja Kriminal, Salad Sayur Nusakambangan, dan Salad Bui. Ada pula Tahu Goreng Eksekusi, Sup Krim Ayam Penjara, Sup Buronan Thailand, Nasi Goreng Raja Copet, Nasi Goreng Gembong Narkoba, dan Bebek Goreng Meja Hijau.

Tak hanya makanan, menu minuman di restoran Nasi Penjara ini juga sangat unik. Misalnya saja; Interograsi yang terdiri dari jus nanas, lemon, jeruk, dan sirup strawberry. Ada pula minuman Narapidana yakni susu, oreo cookies, strawberry, dan es krim vanilla. Selain itu ada minuman Jeruji Besi yaitu orange sunquick, sirup leci, dan soda.

Harga makanan dan minuman di Nasi Penjara ini berkisar antara Rp15.000 sampai Rp45.000. Nominal per orang relatif terjangkau untuk Anda yang gemar mencoba makanan unik di luar kota. Selamat bereksperimen!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner makanan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top