Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wow! Jelang HUT RI, Maskapai Berikan Tiket Fleksibel dan Rapid Tes Gratis

Menjelang HUT RI, maskapai memberikan program baru seperti tes cepat (rapid test) gratis kepada penumpang selama periode tertentu.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  18:00 WIB
Teknisi beraktivitas di dekat pesawat Boeing 737 Max 8 milik Garuda Indonesia, di Garuda Maintenance Facility AeroAsia, bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (13/3/2019). - Reuters/Willy Kurniawan
Teknisi beraktivitas di dekat pesawat Boeing 737 Max 8 milik Garuda Indonesia, di Garuda Maintenance Facility AeroAsia, bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (13/3/2019). - Reuters/Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Program promosi dilakukan maskapai mulai dari tiket yang fleksibel hingga memberikan tes rapid gratis untuk menyambut HUT RI ke-75.

Strategi ini dilakukan oleh operator layanan transportasi untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat agar kembali menggunakan moda transportasi massal di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang belum berakhir.

Tak dapat dipungkiri salah satu penyebab sektor transportasi mengalami penurunan kinerja pada triwulan-II 2020 adalah perilaku masyarakat yang memilih untuk membatasi penggunaan moda transportasi massal karena khawatir akan terpapar virus corona.

Tentunya dalam hal ini penerapan protokol kesehatan yang ketat selama perjalanan maupun sebelum dan sesudahnya tidak bisa ditawar-tawar lagi. Operator harus mampu meyakinkan kepada masyarakat bahwa armada mereka sebisa mungkin tidak akan menjadi cluster baru penyebaran Covid-19.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah menawarkan fleksibilitas dalam hal reservasi tiket. Karena kondisi yang masih penuh ketidakpastian membuat masyarakat berpikir berkali – kali sebelum memutuskan untuk membeli tiket perjalanan.

Tidak menutup kemungkinan tiket yang sudah dibeli tidak jadi digunakan atau harus hangus karena satu dan lain hal. Tentunya hal tersebut menimbulkan kerugian bagi penumpang dan perlu dicarikan solusinya.

Maskapai penerbangan Citilink Indonesia (Citilink) sudah menyiapkan strategi khusus untuk mengatasi permasalahan tersebut, yakni program Flexy Flight yang memungkinkan pelanggan untuk mengganti jadwal penerbangan dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Tidak hanya itu, menurut Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo pihaknya juga mengembangkan layanan terbaru pada aplikasi ponsel BetterFly Citilink dengan menambahkan sejumlah fitur terbaru.

“Citilink telah mengembangkan layanan pada mobile aplikasi BetterFly Citilink dengan menambahkan fitur fitur tambahan seperti entertainment, pencarian hotel, hingga berbagai metode pembayaran digital, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan Citilink,” katanya kepada Bisnis akhir pekan lalu.

Langkah tersebut cukup membuahkan hasil. Saat ini, Citilink berhasil meningkatkan frekuensi penerbangan hingga 166 penerbangan setiap harinya dengan 58 rute ke 36 destinasi.

Juliandra mengungkapkan Citilink juga telah kembali membuka rute-rute penerbangan yang sempat ditutup sebelumnya seperti rute Surabaya-Banyuwangi, Bandung-Halim, Halim-Jogja, Medan-Gunung Sitoli yang diterbangkan dengan pesawat ATR 72-600.

Untuk menggaet penumpang Citilink juga menyiapkan berbagai program tematik penerbangan seperti tema Kemerdekaan Republik Indonesia yang sedang berlangsung saat ini. Tak hanya itu terdapat pula program tes cepat (rapid test) gratis kepada penumpang selama periode tertentu.

Tentunya seluruh upaya tersebut tetap dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk kembali bepergian menggunakan transportasi udara, Citilink memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat di seluruh lini operasional perusahaan, baik dari pre-, in-, hingga post-flight,” tegas Juliandra.

Sementara itu, promosi tiket masih menjadi strategi PT Garuda Indonesia Tbk. (Persero) untuk mengembalikan minat masyarakat kembali bepergian menggunakan angkutan udara dan tentunya pemulihan kinerja perusahaan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan promosi tiket tidak dilakukan sendirian. Pihaknya akan menggandeng pihak ketiga untuk membantu upaya tersebut.

“Kita dorong promosi terus. Sesekali promosi tiket. Tetapi promosi bersama ekosistem [yang] akan kita galakkan,” katanya kepada Bisnis.

Saat ini maskapai penerbangan plat merah itu sudah menawarkan promosi tarif penerbangan dengan diskon hingga 45 persen untuk menggugah minat masyarakat kembali bepergian menggunakan angkutan udara. Promosi tiket pesawat tersebut dimulai dari penawaran ke Bali mulai dari Rp1,5 juta, Lombok mulai dari Rp1,5 juta, Yogyakarta mulai dari Rp900.000, Labuan Bajo mulai dari Rp2,1 juta, dan Medan dimulai dari Rp1,5 juta.

Irfan menambahkan pihaknya juga memastikan bahwa tidak ada protokol kesehatan yang dilanggar selama penerbangan. Pihaknya konsisten menerapkan physical distancing di semua kelas layanan yang tersedia.

Selain itu, pihaknya juga memastikan seluruh penumpang yang berada di pesawat sudah melalui pemeriksaan suhu tubuh dan validasi hasil tes cepat atau tes PCR.

“Garuda Indonesia konsisten untuk menerapkan physical distancing. Kami memastikan bahwa semua penumpang berjarak satu sama lain. Untuk kelas ekonomi kursi tengah kami kosongkan, Kelas bisnis untuk bagian yang tengah diisi dua hanya diisi satu [penumpang] saja,” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tiket pesawat maskapai penerbangan Virus Corona HUT Kemerdekaan RI covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top