Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Coba 3 Resep Kopi Ala Barista Ini di Rumah

Salah satu kreasi makanan yang dapat dilakukan adalah meracik kopi ala barista dengan menggunakan mesin kopi.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  19:26 WIB
Membuat kopi di rumah
Membuat kopi di rumah

Bisnis.com, JAKARTA - Selama masa pandemi Covid-19, tidak sedikit masyarakat yang memiliki hobi baru, salah satunya berkreasi membuat berbagai resep makanan atau minuman sekaligus mengisi waktu luang sembari bekerja di rumah.

Salah satu kreasi makanan yang dapat dilakukan adalah meracik kopi ala barista dengan menggunakan mesin kopi. Menikmati waktu minum kopi di rumah tentu lebih nikmat, karena tidak perlu pergi ke coffee shop terdekat lagi sehingga tidak perlu was-was terpapar virus. Selain lebih praktis, memiliki mesin kopi di rumah dapat memudahkan meracik kopi sesuai selera masing-masing.

Setiap orang tentu punya cara sendiri dalam menikmati secangkir kopi. Segelas kopi akan lebih terasa tergantung dari jenis kopi dan racikan nya. Oleh karena itu, membuat kopi tidak semudah menuangkan air ke bubuk kopi. Untuk mendapatkan rasa kopi yang nikmat, perlu pemahaman serta pengalaman yang tidak didapat dalam semalam tentang komposisi, rasa dan hal-hal yang menunjang nikmatnya secangkir kopi.

Dengan kemajuan teknologi mesin pembuat kopi rumahan, masyarakat tidak perlu lagi repot-repot belajar teknik khusus meracik kopi.

Mark Ashlin Senior, Brand Director Nespresso Indonesia mengatakan, banyak konsumen yang mencari kenyamanan dalam menikmati momen kopi mereka dengan cara yang paling mudah, tanpa mengurangi rasa dan kualitas kopi.

"Sehingga, kami ingin menawarkan kemudahan membuat kopi dengan kualitas dan cita rasa terbaik melalui berbagai inovasi mesin kopi yang kami produksi, yang kini juga kami jual bekerjasama dengan shopee," katanya dalam siaran  persnya.

Tertarik untuk menjadi barista sendiri di rumah? Dia memberikan 3 resep membuat kopi dengan Nespresso mulai dari segelas cortado hingga cappuccino. 

Cortado

Sederhana dan elegan, resep dari Spanyol ini hanya membutuhkan dua bahan: espresso dan milk foam. Cara membuatnya pun mudah. Pertama, seduh kopi Nespresso sebanyak 40 ml ke dalam cangkir, kemudian tuang susu dingin ke dalam perangkat pembuat kopi dan panaskan hingga berbusa. Tambahkan 20 ml susu panas ke dalam kopi. Setelah itu, letakkan 2 sendok milk foam di atasnya dan kopi Cortado siap dinikmati.

Latte Macchiato

Minuman campuran espresso dan susu ini dalam bahasa Italia artinya “tanda,” maksudnya adalah minuman yang sudah diberi tanda atau terdapat bercak espresso. Komposisi dari latte macchiato adalah susu yang di-steam, espresso, dan foam dengan rasio 2:1:1. Komposisi dari latte macchiato adalah susu yang di-steam, espresso, dan foam. Ukuran rasio ideal antara susu, espresso, dan foam adalah 2:1:1. Langkah pertama dalam membuat minuman ini adalah memasukkan susu yang sudah di steam ke dalam gelas yang tinggi sebanyak 150ml, lalu masukkan espresso, dan akhiri dengan foam di atasnya. 

Cappuccino

Resep kopi asal Italia ini menjadi minuman kopi populer yang banyak bertengger di menu kedai-kedai kopi seluruh dunia.  Di Italia sendiri, cappuccino berarti “little cap”, yang dengan sempurna diartikan sebagai cangkir kopi nikmat yang atasnya dipenuhi busa susu (foam) yang bagian dasarnya dipenuhi espresso yang dicampur susu. Langkah pertama untuk membuat secangkir cappucino, seduh kopi espresso (40 ml) dengan mesin kopi dan tuangkan ke dalam cangkir.

Kemudian, tuangkan susu dingin (100ml) ke dalam wadah air hingga tanda level minimum kemudian, tutup penutupnya dan tekan tombol mulai pada perangkat. Setelah itu, tuang busa susu di atas kopi dan Cappuccino sudah bisa dinikmati.


 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minuman kopi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top