Musemum Kereta Api Ambarawa. Vide: Youtube Kereta Api Kita
Travel

Museum Kereta Api Ambarawa Dibuka, Pengunjung Dibatasi 50 Persen

Alif Nazzala Rizqi
Rabu, 29 Juli 2020 - 16:15
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG - PT Kereta Api Pariwisata (Kawisata) membuka kembali tempat wisata Museum KA Ambarawa yang selama ini ditutup akibat mewabahnya virus corona (Covid-19). Jumlah pengunjung dibatasi maksimal 50 persen dan hanya beroperasi hingga 15.00 WIB.

Museum Kereta Api Ambarawa kembali dibuka bagi para wisatawan dengan menerapkan protokol adaptasi kebiasaan baru.

Direktur Utama PT KA Pariwisata Totok Suryono menyampaikan, Museum Kereta Api Ambarawa resmi beroperasi dan dibuka kembali sejak Selasa (28/7/2020).

"Sebelum kegiatan pembukaan kembali tempat wisata Museum Kereta Api Ambarawa beberapa persiapan telah dilakukan, seperti penyediaan fasilitas untuk kebersihan para pengunjung dengan menyediakan 8 tempat cuci tangan baru/wastafel," kata Totok dalam keterangan resminya Rabu (29/7/2020).

Menurutnya, pengelola juga menyediakan hand sanitizer, thermogun untuk mengukur suhu para wisatawan, menjaga jarak, serta penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah.

Selain itu, area masuk ke Museum KA Ambarawa saat ini telah menggunakan sistem Electronic gate/e-gate dengan scan barcode/QR code yang tertera pada tiket masuk saat pengunjung mau masuk ke museum.

"Dengan penerapan sistem e-gate ini, maka proses alur masuk pengunjung ke museum menjadi lebih praktis, aman juga nyaman," katanya.

Dia menambahkan, PT KA Pariwisata bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang juga telah melakukan sosialisasi protokol kesehatan masa adaptasi kebiasaan baru kepada para petugas di Museum Kereta Api Ambarawa.

"Kami mulai menata dan melakukan persiapan untuk membuka kembali tempat wisata Museum Kereta Api Ambarawa bagi kunjungan wisata," jelasnya.

Di masa new normal ini, jam operasional Museum Ambarawa juga sudah disesuaikan mengikuti protokol adaptasi kebiasaan baru, yaitu pukul 09:00-15:00 WIB di mana sebelumnya beroperasi pukul 08.00 WIB-17.00 WIB, dan pembatasan jumlah pengunjung yang masuk sebanyak 50%.

Sementara, untuk Kereta Wisata Reguler maupun sewa juga akan dibatasi jumlah penumpangnya dengan kapasitas hanya 50% dari kapasitas normalnya, dari semula 40 orang per kereta menjadi 20 orang per kereta.

"Untuk kereta ada 3 rangkaian kereta kayu yang disiapkan dengan kapasitas maksimal 116 orang, sehingga dengan adanya pembatasan 50% berarti saat ini bisa melayani kurang lebih 58 pengunjung. Akan tetapi, pengoperasian Kereta Wisata Museum KA Ambarawa reguler saat ini belum dijalankan. Untuk sementara waktu, kereta dijalankan jika ada permintaan sewa saja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro