Petugas saat melakukan penyemprotan disinfektan pada gerbong kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (15/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Travel

KAI Tambah 4 Perjalanan Kereta Api, Cek Lagi Persyaratan Naik KA

Yudi Supriyanto
Rabu, 29 Juli 2020 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Para pelancong kini makin memiliki banyak pilihan untuk melakukan perjalanan jarak jauh setelah PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta menambah 4 perjalanan kereta api pada 30 Juli 2020.

Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, mengungkapkan 4 perjalanan kereta api tersebut adalah keberangkatan dari Stasiun Gambir menuju Kota Solo, Yogyakarta, dan Surabaya.

“Dengan ditambahnya 4 perjalanan KA tersebut, maka total terdapat 11 KA yang beroperasi di wilayah Daop 1 Jakarta pada 30 Juli 2020, dimana 7 KA diantaranya keberangkatan dari Stasiun Gambir dan 4 KA lainnya keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen,” katanya dalam siaran pers, Rabu (29/7/2020).

Adapun kereta-kereta tersebut antara lain KA 6 Argo Bromo Anggrek relasi stasiun Gambir, Jakarta - Surabaya Pasar Turi, Surabaya dengan keberangkatan pukul 20.30 dari stasiun Gambir.

Kemudian, KA Argo Lawu relasi Stasiun Gambir – Solo dengan keberangkatan pukul 21.00 WIB, KA Taksaka relasi Stasiun Gambir – Yogyakarta keberangkatan pukul 21.30 WIB, dan KA Mutiara Selatan relasi Stasiun Gambir – Surabaya Gubeng dengan waktu berangkat pukul 17.10 WIB dari Stasiun Gambir.

Dia menuturkan, calon penumpang yang ingin naik KA ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi sebelum melakukan perjalanan KA.

Pertama, menunjukkan surat bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan) atau menunjukan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test.

“Kini calon penumpang sudah dapat melakukan rapid test di area stasiun yang disediakan PT KAI bekerjasama dengan PT RNI,” katanya.

Kedua, calon penumpang dalam kondisi sehat, yakni tidak menderita flu, pilek, batuk, dan demam. Kemudian suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

Ketiga, calon penumpang menggunakan masker pribadi dan pelindung wajah (face shield) yang disediakan oleh KAI.

Faceshield digunakan calon penumpang baik di stasiun dan selama perjalanan KA berlangsung. Untuk pelanggan dengan usia di bawah 3 tahun agar menyediakan sendiri face shield pribadi.

Keempat, calon penumpang mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan didalam rangkaian KA

Sementara calon pengguna juga dihimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket. Himbauan juga dilakukan agar calon pengguna selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro