Kuliner dengan bahan baku ayam tidak pernah mati. Konsumsi ayam goreng hingga geprek menjadi favorit di Indonesia/Novita Sari Simamora
Kuliner

Kuliner, Bisnis Kreatif yang Tengah Naik Daun Saat Pandemi Corona

Dewi Andriani
Selasa, 28 Juli 2020 - 13:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kuliner menjadi salah satu bidang usaha kreatif yang tengah naik daun dan berkembang pesat saat ini. Pasalnya, makanan menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi sehingga peluangnya pun selalu terbuka luas.

Bahkan, tak sedikit masyarakat yang kini tengah menjajal bisnis kuliner, baik secara offline maupun online. Selain keuntungan yang terbilang besar, mencapai lebih dari 50 persen, bisnis kuliner juga tak pernah ada matinya.

Plt. Direktur Industri Kreatif Fesyen, Desain, dan Kuliner Kemenparekraf/Baparekraf, Imam Wuryanto, mengatakan bahwa saat ini kuliner telah menjadi bagian penting dalam gaya hidup masyarakat dan hampir semua orang menyukai berbagai jenis makanan dan minuman.

Namun, untuk menjalankan sebuah usaha kuliner, diperlukan inovasi yang menjadi pembeda dengan kompetitor dalam berbisnis. Inovasi tersebut dapat melingkupi sisi keterampilan, bentuk, rasa, hingga kreasi penyajian.

Untuk memberikan bekal tambahan kepada para pelaku usaha kuliner tanah air, Kemenparekraf/Baparekraf membekali 100 pelaku usaha kreatif kuliner dengan pelatihan daring bertajuk “Belajar Usaha Kuliner Kreatif Nusantara (BUKKA)”.

“Dengan adanya kegiatan pelatihan daring ini pelaku usaha kreatif kuliner diharapkan dapat menciptakan peluang bisnis, inovasi, kreativitas, dan kemampuan entrepreneur agar mampu membuka usaha baru dan mempunyai strategi marketing yang ampuh untuk bisnis kulinernya,” ujarnya, dalam pelatihan daring (BUKKA) yang digelar pada 27 dan 28 Juli 2020

Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Josua Puji Mulia Simanjuntak, mengatakan memiliki keterampilan dan kreativitas menjadi penting saat menyambut dan memasuki sektor bisnis kuliner.

“Hal ini dilakukan agar kita semua jauh lebih siap jika kita akan memasuki industri kreatif kuliner yang berkembang pesat sekarang ini,” kata Josua.

Dalam kegiatan ini, Kemenparekraf/Baparekraf bekerja sama dengan Foodizz.Id sebagai bentuk upaya membantu pelaku usaha kuliner meningkatkan motivasi serta ilmu pengetahuan praktikal bisnis dalam membuka usaha kuliner.

Melalui kegiatan ini para pelaku usaha kreatif kuliner akan mendapatkan pemahaman dan pengetahuan terkait usaha kreatif kuliner nusantara yang dapat bertahan di era adaptasi kebiasaan baru.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro