Ilustrasi kabin pesawat
Travel

Kode Rahasia yang Sering Digunakan Awak Kabin Pesawat

Yudi Supriyanto
Senin, 27 Juli 2020 - 17:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pesawat merupakan salah satu sarana transportasi yang paling aman untuk digunakan dalam melakukan perjalanan. Namun, selalu ada risiko terkait dengan penerbangan. Kondisi ini membuat awak kabin menggunakan kode rahasia yang tidak dipahami penumpang.

Dilansir dari express.co.uk, ruang pesawat yang kecil membuat komunikasi yang dilakukan oleh staf dapat didengar oleh semua orang. Jadi, pramugari sering menggunakan kata-kata khusus untuk saling memperingatkan tentang sesuatu yang terjadi atau yang mungkin terjadi.

Satu kata yang kadang digunakan oleh pramugari adalah air pocket. Kata ini mengacu pada turbulensi yang dapat terjadi di dalam pesawat. Jika sesorang bicara tentang air pocket, maka perjalanan pesawat kemungkinan dapat bergelombang.

Kata lainnya yang umum digunakan, dan banyak wisatawan yang paham adalah code bravo. Kata ini adalah kode untuk peringatkan keamanan umum di bandara atau di dalam pesawat.
Petugas keamanan biasanya akan mengucapkan kata itu sangat keras, dan itu sering kali berarti penumpang harus diam. Langkah ini diperlukan guna memudahkan menentukan sumber ancaman atau seseorang yang menyebabkan masalah.

Awak kabin menggunakan frasa ini untuk mengalihkan perhatian penumpang dari bahaya yang sebenarnya sehingga mereka dapat menangani situasi tanpa gangguan.

Kata yang kurang umum digunakan oleh awak kabin di kabin, dan lebih umum digunakan di kokpit adalah bin sin.

Pilot biasanya akan menggunakan kata ini satu sama lain dan mengacu pada area landasan ketika pesawat menunggu untuk lepas landas. Kata bin sin diucapkan oleh staf ketika pesawat tertunda atau jika landasan terlalu sibuk.

Kata lain yang dapat digunakan oleh awak kabin di dalam pesawat adalah pax, yang berarti penumpang. Kemudian, ada juga kode spinner yang merujuk pada jika seseorang datang terlambat ke pesawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro