Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kode Rahasia yang Sering Digunakan Awak Kabin Pesawat

Jadi, pramugari sering menggunakan kata-kata khusus untuk saling memperingatkan tentang sesuatu yang terjadi atau yang mungkin terjadi.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 27 Juli 2020  |  17:36 WIB
Ilustrasi kabin pesawat
Ilustrasi kabin pesawat

Bisnis.com, JAKARTA - Pesawat merupakan salah satu sarana transportasi yang paling aman untuk digunakan dalam melakukan perjalanan. Namun, selalu ada risiko terkait dengan penerbangan. Kondisi ini membuat awak kabin menggunakan kode rahasia yang tidak dipahami penumpang.

Dilansir dari express.co.uk, ruang pesawat yang kecil membuat komunikasi yang dilakukan oleh staf dapat didengar oleh semua orang. Jadi, pramugari sering menggunakan kata-kata khusus untuk saling memperingatkan tentang sesuatu yang terjadi atau yang mungkin terjadi.

Satu kata yang kadang digunakan oleh pramugari adalah air pocket. Kata ini mengacu pada turbulensi yang dapat terjadi di dalam pesawat. Jika sesorang bicara tentang air pocket, maka perjalanan pesawat kemungkinan dapat bergelombang.

Kata lainnya yang umum digunakan, dan banyak wisatawan yang paham adalah code bravo. Kata ini adalah kode untuk peringatkan keamanan umum di bandara atau di dalam pesawat.
Petugas keamanan biasanya akan mengucapkan kata itu sangat keras, dan itu sering kali berarti penumpang harus diam. Langkah ini diperlukan guna memudahkan menentukan sumber ancaman atau seseorang yang menyebabkan masalah.

Awak kabin menggunakan frasa ini untuk mengalihkan perhatian penumpang dari bahaya yang sebenarnya sehingga mereka dapat menangani situasi tanpa gangguan.

Kata yang kurang umum digunakan oleh awak kabin di kabin, dan lebih umum digunakan di kokpit adalah bin sin.

Pilot biasanya akan menggunakan kata ini satu sama lain dan mengacu pada area landasan ketika pesawat menunggu untuk lepas landas. Kata bin sin diucapkan oleh staf ketika pesawat tertunda atau jika landasan terlalu sibuk.

Kata lain yang dapat digunakan oleh awak kabin di dalam pesawat adalah pax, yang berarti penumpang. Kemudian, ada juga kode spinner yang merujuk pada jika seseorang datang terlambat ke pesawat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat pramugari
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top