Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kembali ke Masa Lampau Lewat Augmented Reality di Istana Changdeok Korea Selatan

Istana Changedeok ditutup selama pandemi virus corona dan dibuka kembali minggu lalu. Istana ini masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1997.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 27 Juli 2020  |  14:31 WIB
Istana Changdeok, Korea Selatan ditutup karena pandemi virus corona. - Visit Korea
Istana Changdeok, Korea Selatan ditutup karena pandemi virus corona. - Visit Korea

Bisnis.com, JAKARTA - Pengunjung ke Istana Changdeok, Seoul nantinya bisa merasakan suasana dari istana tersebut di masa lampau menggunakan teknologi realitas tertambah (augmented reality/AR).

Melansir The Korea Times pada Senin (27/7/2020), operator seluler Korea Selatan SK Telecom akan mengembangkan teknologi AR di Istana yang dibangun pada masa Dinasti Joseon (1392-1910) bersama dengan Google Korea dan Cultural Heritage Administration dan MEC

Peluncuran layanan ini datang melalui kolaborasi antara teknologi 5G mobile edge computing (MEC) SK Telecom dan teknologi cloud dan AR Google Korea.

MEC adalah perusahaan teknologi utama dalam pengiriman transmisi data latensi sangat rendah di jaringan 5G di Korea Selatan. SK Telecom telah menyatakan bahwa teknologi augmented reality (AR) yang digunakan di Istana Changdeok akan berbasis jaringan 5G.

Operator itu juga menyebut bahwa teknologi AR dikembangkan sebagai respons dari tren "tanpa kontak" selama pandemi Covid-19. Mulai Selasa (28/7/2020), pengunjung ke istana kerajaan di pusat Seoul akan dapat mengalami istana seperti pada masa Dinasti Joseon melalui aplikasi AR-nya.

Aplikasi AR menampilkan pemandu wisata istana virtual dan akan memungkinkan pengunjung untuk mengambil foto dengan royalti Joseon Dynasty, serta untuk menikmati layanan lain seperti menembakkan busur panah virtual dan menerbangkan layang-layang virtual.

SK Telecom juga akan menyiapkan aplikasi lain pada bulan Agustus untuk memberikan pengalaman virtual istana bagi mereka yang tidak dapat berkunjung.

Istana Changedeok telah ditutup selama wabah dan dibuka kembali minggu lalu. Istana tersebut berfungsi sebagai salah satu istana kerajaan utama dinasti setelah dibangun pada 1405 dan dimasukkan di antara Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1997.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korea selatan destinasi wisata covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top