Selain itu, komunitas kopi dinilai punya kemampuan untuk membangkitkan kembali pariwisata Indonesia pascapandemi Covid-19. /Kemenparekraf
Travel

Komunitas Kopi Dinilai Bisa Gairahkan Wisata

Fatkhul Maskur
Senin, 27 Juli 2020 - 05:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak komunitas pencinta kopi untuk kreatif mengembangkan wisata kopi.

Agustini Rahayu, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, mengatakan kopi merupakan salah satu dari jendela promosi pariwisata Indonesia di kancah internasional.

"Lewat acara ini, kita ingin menggalang komitmen bersama komunitas pencinta kopi untuk kreatif mengembangkan wisata kopi Indonesia," katanya dalam Live Streaming Ngopi Sore Bersama Komunitas Kopi, Sabtu (25/7/2020), .

Kemenparekraf/Baparekraf tengah mengembangkan Komunitas Parekraf untuk membantu menggencarkan kecintaan masyarakat terhadap produk Indonesia. Menurutnya, Komunitas Pecinta Kopi Indonesia merupakan unsur penting dalam proses ini, mengingat kopi Indonesia sudah terbukti unggul bahkan di kancah Internasional.

Hadir dalam acara tersebut Mikhael Rudy, Pendiri Komunitas Kopi di Indonesia dan pembina petani kopi di Indonesia; Agusnadi, Founder SocioPreneur Kita Setara; dan Garnida Muchtar, usahawan dan barista.

"Indonesia punya banyak tempat penghasil kopi. Apalagi para Coffee Enhusiast ini sangat bersemangat untuk kembali membangkitkan wisata kopi Indonesia dalam kemasan yang lebih kreatif menyikapi segala keterbatasan selama masa pandemi Covid-19, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan" katanya.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kemenparekraf/Baparekraf Djoko Waluyo mengungkapkan kopi merupakan minuman yang digemari oleh hampir semua lapisan masyarakat dari segala umur.

Selain itu, komunitas kopi dinilai punya kemampuan untuk membangkitkan kembali pariwisata Indonesia pascapandemi Covid-19. "Saya yakin semua komunitas kopi bisa terus berkreasi di tengah pandemi ini," ungkap Djoko.

Acara ini juga diisi dengan pembuatan latte art dan lukisan dari ampas kopi. Lukisan ini dibuat oleh pemilik kedai Kopi Tanah Air Kita, Mikhael Rudy. "Lukisan ini saya buat dalam waktu 3 pekan untuk menghilangkan penat," ucap Rudy.

Kemenparekraf/Baparekraf juga memperkenalkan aplikasi bernama Community Hub yang akan diluncurkan pada Agustus 2020. Aplikasi tengah disempurnakan, dan merupakan suatu platform sosial media bagi seluruh komunitas yang ada di Indonesia.

"Di aplikasi ini, seluruh komunitas di Indonesia bisa saling berbagi informasi yang bermanfaat dan mengunggah gambar dan tulisan ke media sosial pada umumnya di halaman komunitasnya dan juga ada live streaming secara berkala dengan berbagai tema bersama komunitas yang berbeda-beda," jelas Syaril.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro