Anak harimau/ilustrasi/sikerado.hu
Travel

Kabar Baik, Anak Harimau Sumatra Lahir di Kebun Binatang Polandia

Novita Sari Simamora
Sabtu, 25 Juli 2020 - 13:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seekor harimau sumatra, spesies yang terancam punah kini lahir di kebun binatang di Polandia.

Bayi harimau sumatra itu berjenis kelamin betina dan lahir saat masa lockdown  virus corona. Mengutip dari Channel News, bayi harimau itu lahir pada 20 Mei di Kebun Binatang Wroclaw di kota barat daya, tetapi informasi kelahiran baru diumumkan ke publik sekarang.

Ibu bayi harimau sumatra ini bernama Nuri dan berusia 7 tahun, sedangkan ayahnya Tengah, beruia 11 tahun. Kelahiran bayi sumatra ini menjadi bagian program pemuliaan global yang bertujuan menyelamatkan spesies dari kepunahan.

"Kami gugup karena ini adalah anak pertama Nuri, tetapi ini menjadi bukti bahwa di bisa menjadi ibu yang ahli," kata Direktur Kebun Binatang Radoslaw Ratajszczak, Sabtu (25/72020).

Kebun binatang juga mengundang pengguna internet ke halaman Facebook-nya untuk membantu menemukan nama untuk anak tersebut. "Kami akan senang menemukan nama Asia yang mencerminkan asal-usul spesies," kata Ratajszczak.

Dia mengungkapkan bahwa staf kebun binatang, terutama penjaga harimau yang akan menetapkan keputusan final akan  nama bayi harimau berdasarkan saran dari masyarakat.

Adapun Harimau Sumatra biasanya hidup sekitar 30 tahun, dengan betina melahirkan sekitar 10 ekor selama hidupnya.

Harimau ini berasal dari pulau Sumatra, Indonesia, harimau ini dianggap sangat terancam punah, karena jumlah populasinya kurang dari 400 diyakini masih hidup di alam liar dan di bawah 300 di penangkaran.

Perburuan liar yang merajalela membuat hampir semua harimau Sumatra mengalami kematian. Sebab, masih banyak masyarakat yang meyakini bahwa bagian-bagian tubuh harimau ampuh digunakan dalam pengobatan tradisional - terutama di China - meskipun bukti ilmiahnya sangat banyak, bahwa harimau tidak memiliki khasiat pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro