Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kabar Baik, Anak Harimau Sumatra Lahir di Kebun Binatang Polandia

Satwa liar asal Sumatra yakni harimau sumatra melahirkan bayi betina di kebun binatang Polandia.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 25 Juli 2020  |  13:52 WIB
Anak harimau/ilustrasi - sikerado.hu
Anak harimau/ilustrasi - sikerado.hu

Bisnis.com, JAKARTA - Seekor harimau sumatra, spesies yang terancam punah kini lahir di kebun binatang di Polandia.

Bayi harimau sumatra itu berjenis kelamin betina dan lahir saat masa lockdown  virus corona. Mengutip dari Channel News, bayi harimau itu lahir pada 20 Mei di Kebun Binatang Wroclaw di kota barat daya, tetapi informasi kelahiran baru diumumkan ke publik sekarang.

Ibu bayi harimau sumatra ini bernama Nuri dan berusia 7 tahun, sedangkan ayahnya Tengah, beruia 11 tahun. Kelahiran bayi sumatra ini menjadi bagian program pemuliaan global yang bertujuan menyelamatkan spesies dari kepunahan.

"Kami gugup karena ini adalah anak pertama Nuri, tetapi ini menjadi bukti bahwa di bisa menjadi ibu yang ahli," kata Direktur Kebun Binatang Radoslaw Ratajszczak, Sabtu (25/72020).

Kebun binatang juga mengundang pengguna internet ke halaman Facebook-nya untuk membantu menemukan nama untuk anak tersebut. "Kami akan senang menemukan nama Asia yang mencerminkan asal-usul spesies," kata Ratajszczak.

Dia mengungkapkan bahwa staf kebun binatang, terutama penjaga harimau yang akan menetapkan keputusan final akan  nama bayi harimau berdasarkan saran dari masyarakat.

Adapun Harimau Sumatra biasanya hidup sekitar 30 tahun, dengan betina melahirkan sekitar 10 ekor selama hidupnya.

Harimau ini berasal dari pulau Sumatra, Indonesia, harimau ini dianggap sangat terancam punah, karena jumlah populasinya kurang dari 400 diyakini masih hidup di alam liar dan di bawah 300 di penangkaran.

Perburuan liar yang merajalela membuat hampir semua harimau Sumatra mengalami kematian. Sebab, masih banyak masyarakat yang meyakini bahwa bagian-bagian tubuh harimau ampuh digunakan dalam pengobatan tradisional - terutama di China - meskipun bukti ilmiahnya sangat banyak, bahwa harimau tidak memiliki khasiat pengobatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polandia harimau harimau sumatera
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top