Sejumlah wisatawan berkemah di Bukit Bubung Gede dengan mendapatkan pemandangan Gunung Abang pada Selasa (4/6/2019) pagi./Bisnis-Tim Jelajah Jawa-Bali 2019
Travel

Pandemi Virus Corona, Lebih Aman Berkemah atau Hotel?

Yudi Supriyanto
Rabu, 22 Juli 2020 - 17:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Berkemah dinilai lebih aman bagi individu terhindar dari virus corona (Covid-19) dibandingkan dengan tinggal di hotel.

Melakukan perjalanan pada masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir tentu membawa risiko bagi individu. Jadi, perlu sejumlah langkah agar perjalanan yang dilakukan oleh individu menjadi lebih aman.

Tidak hanya ketika dalam perjalanan, tempat tinggal di tujuan liburan juga perlu menjadi perhatian. Ahli epidemiologi penyakit menular menilai berkemah lebih aman dibandingkan hotel, salah satunya karena minimnya interaksi dengan orang lain.

Dilansir dari SELF, Maria Sundaram, seorang ahli epidemiologi penyakit menular dan rekan pascadoktoral di ICES Ontario, menuturkan berkemah aman bagi individu dari Covid-19 karena banyak alasan.

“Fakta bahwa itu di luar memberikan lebih banyak keamanan daripada beberapa opsi lain ini,” katanya, Rabu (22/7/2020).

Dia menjelaskan ada banyak sirkulasi udara dan kesempatan bagi orang untuk tinggal sejauh mungkin antara satu sama lain ketika berkemah.

“Satu hal tentang berkemah adalah mungkin ada tantangan dengan mencuci tangan dengan hati-hati atau menggunakan kamar mandi dengan cara yang aman,” katanya.

Senada, Sara Hurtado Bares, Profesor Rekanan di Divisi Penyakit Menular di Pusat Medis Universitas Nebraska, juga menilai berkemah lebih aman daripada hotel.

Dengan berkemah, lanjutnya, individu membawa semua persediaannya sendiri, terlebih membawa tenda sendiri. Hanya saja, tantangan yang dapat dihadapi oleh individu ketika berkemah adalah kamar mandi bersama. Terkait kamar mandi bersama, dia menuturkan tergantung pada lokasi perkemahan.

Celine Gounder, mantan asisten komisaris kesehatan NYC dan pembawa acara podcast Epidemi, menuturkan berkemah lebih aman daripada hotel jika individu tetap berpegang pada pedoman keselamatan umum.

Ketika berkemah, maka individu lebih mampu menjaga jarak fisik. Individu, lanjutnya tidak berhubungan dengan tamu atau staf lain seperti bellhops, valet, atau housekeeping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro