Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandemi Virus Corona, Lebih Aman Berkemah atau Hotel?

Saat berkemah, setiap individu lebih mampu menjaga jarak fisik, tidak berhubungan dengan tamu atau staf lain.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  17:15 WIB
Sejumlah wisatawan berkemah di Bukit Bubung Gede dengan mendapatkan pemandangan Gunung Abang pada Selasa (4/6/2019) pagi. - Bisnis/Tim Jelajah Jawa/Bali 2019
Sejumlah wisatawan berkemah di Bukit Bubung Gede dengan mendapatkan pemandangan Gunung Abang pada Selasa (4/6/2019) pagi. - Bisnis/Tim Jelajah Jawa/Bali 2019

Bisnis.com, JAKARTA—Berkemah dinilai lebih aman bagi individu terhindar dari virus corona (Covid-19) dibandingkan dengan tinggal di hotel.

Melakukan perjalanan pada masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir tentu membawa risiko bagi individu. Jadi, perlu sejumlah langkah agar perjalanan yang dilakukan oleh individu menjadi lebih aman.

Tidak hanya ketika dalam perjalanan, tempat tinggal di tujuan liburan juga perlu menjadi perhatian. Ahli epidemiologi penyakit menular menilai berkemah lebih aman dibandingkan hotel, salah satunya karena minimnya interaksi dengan orang lain.

Dilansir dari SELF, Maria Sundaram, seorang ahli epidemiologi penyakit menular dan rekan pascadoktoral di ICES Ontario, menuturkan berkemah aman bagi individu dari Covid-19 karena banyak alasan.

“Fakta bahwa itu di luar memberikan lebih banyak keamanan daripada beberapa opsi lain ini,” katanya, Rabu (22/7/2020).

Dia menjelaskan ada banyak sirkulasi udara dan kesempatan bagi orang untuk tinggal sejauh mungkin antara satu sama lain ketika berkemah.

“Satu hal tentang berkemah adalah mungkin ada tantangan dengan mencuci tangan dengan hati-hati atau menggunakan kamar mandi dengan cara yang aman,” katanya.

Senada, Sara Hurtado Bares, Profesor Rekanan di Divisi Penyakit Menular di Pusat Medis Universitas Nebraska, juga menilai berkemah lebih aman daripada hotel.

Dengan berkemah, lanjutnya, individu membawa semua persediaannya sendiri, terlebih membawa tenda sendiri. Hanya saja, tantangan yang dapat dihadapi oleh individu ketika berkemah adalah kamar mandi bersama. Terkait kamar mandi bersama, dia menuturkan tergantung pada lokasi perkemahan.

Celine Gounder, mantan asisten komisaris kesehatan NYC dan pembawa acara podcast Epidemi, menuturkan berkemah lebih aman daripada hotel jika individu tetap berpegang pada pedoman keselamatan umum.

Ketika berkemah, maka individu lebih mampu menjaga jarak fisik. Individu, lanjutnya tidak berhubungan dengan tamu atau staf lain seperti bellhops, valet, atau housekeeping.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top