Sejumlah fasilitas toilet umum tersedia di area Skybridge atau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang di Jakarta, Jumat (30/11/2018)./Antara
Travel

Pakai Kamar Mandi Umum, Perhatikan Langkah Ini Agar Tidak Terkena Corona

Yudi Supriyanto
Rabu, 22 Juli 2020 - 16:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Individu berpotensi terkena virus corona (Covid-19) ketika berada di ruang publik sehingga jaga jarak fisik menjadi sangat penting saat harus keluar rumah. Penggunaan toilet umum kadang tidak dapat terhindarkan ketika individu berada jauh dari rumah, dan berada di tempat umum.

Toilet umum yang berarti banyak orang yang menggunakannya menjadi salah satu tempat yang berpotensi membuat individu terkena virus Corona baru tersebut. Jadi, perlu sejumlah langkah agar dapat tetap aman ketika harus menggunakan toilet umum.

Dilansir dari SELF, Maria Sundaram, seorang ahli epidemiologi penyakit menular dan rekan pascadoktoral di ICES Ontario, menuturkan ketika berpikir tentang kamar mandi umum, maka kita berpikir tentang jumlah orang yang mungkin ada di dalamnya.

Dia mengungkapkan dirinya selalu memakai masker ketika berada di luar rumah, dan itu juga berlaku ketika berada di kamar mandi umum.

Kemudian, dirinya berusaha secepat dan seefisien mungkin ketika menggunakan kamar mandi umum. “Saya tidak tinggal lama di sana, tidak memeriksa cermin melihat rambut saya, saya hanya keluar – masuk,” katanya, Rabu (22/7/2020).

Dia menambahkan dirinya juga memastikan dirinya sangat berhati-hati ketika mencuci tangan di dalam kamar mandi umum, dan mencoba memberikan orang lain ruang yang mereka butuhkan.

Jadi, dirinya tidak akan berdiri di tempat yang sama jika terdapat orang lain di tempat tersebut dalam kamar mandi.

“Misalnya menggunakan bak cuci tepat di sebelah mereka, atau saya memberi mereka cukup ruang untuk masuk ke bilik tanpa mereka harus terlalu dekat dengan saya,” katanya.

Sementara itu, Sara Hurtado Bares, Profesor Rekanan di Divisi Penyakit Menular di Pusat Medis Universitas Nebraska, menuturkan risiko terkena Covid-19 di dalam kamar mandi umum akan lebih rendah jika orang-orang yang berada di dalamnya menggunakan masker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro