Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perjalanan Melalui Jalur Darat Lebih Aman dari Virus Corona

Penggunaan kendaraan pribadi melalui jalur darat lebih aman terhindar dari virus corona dibandingkan menggunaan pesawat, bus dan kereta api.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  15:33 WIB
Selama masa pandemi virus corona (Covid-19), berpergian dengan mengendarai mobil lebih aman. - Mercedes AMG
Selama masa pandemi virus corona (Covid-19), berpergian dengan mengendarai mobil lebih aman. - Mercedes AMG

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah ahli menyebutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan darat secara pribadi lebih aman dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

Dilansir dari SELF, Sara Hurtado Bares, Profesor Rekanan di Divisi Penyakit Menular di Pusat Medis Universitas Nebraska, mengungkapkan menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian adalah pilihan yang lebih aman dibandingkan dengan menggunakan pesawat atau kereta api.

Menurutnya, kendaraan pribadi darat dapat lebih aman dibandingkan dengan harus menggunakan pesawat atau kereta api lantaran individu dapat memilih dengan siapa dirinya berada di dalam mobil.

“Risiko Anda yang paling cepat selama perjalanan adalah orang-orang dalam jarak enam kaki dari Anda,” katanya, Rabu (22/7/2020).

Dia menuturkan, dirinya sebenarnya memiliki rencana bepergian pada akhir pekan. Agar aman dalam melakukan perjalanan, dirinya menetapkan tempat tujuan yang memiliki jarak tempuh cukup dekat. Kemudian, rute yang digunakan adalah rute dengan daerah yang memiliki prevalensi Covid-19 yang rendah.

Langkah-langkah tersebut, ujarnya dilakukan karena dirinya memiliki anak kecil sehingga harus berhenti di tempat istirahat.

“Anda ingin memiliki beberapa pemberhentian sebanyak mungkin, secara teoritis, karena setiap pemberhentian yang Anda lakukan, Anda akan berpotensi terekspos kepada orang lain,” katanya.

Sementara itu, Maria Sundaram, Ahli Epidemiologi dan Penyakit Menular, mengungkapkan bepergian sendiri berarti individu dapat membuat keputusan sendiri tentang waktu dan tempat untuk berhenti jika diperlukan.

“Sulit membayangkan opsi perjalanan lain yang lebih aman. Anda dapat bepergian sendiri, sehingga Anda tidak memiliki orang lain di dalam mobil bersama Anda, dan Anda juga dapat membuat keputusan sendiri tentang kapan dan di mana Anda mungkin perlu berhenti,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil perjalanan Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top