Selama masa pandemi virus corona (Covid-19), berpergian dengan mengendarai mobil lebih aman./Mercedes AMG
Travel

Perjalanan Melalui Jalur Darat Lebih Aman dari Virus Corona

Yudi Supriyanto
Rabu, 22 Juli 2020 - 15:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah ahli menyebutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan darat secara pribadi lebih aman dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

Dilansir dari SELF, Sara Hurtado Bares, Profesor Rekanan di Divisi Penyakit Menular di Pusat Medis Universitas Nebraska, mengungkapkan menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian adalah pilihan yang lebih aman dibandingkan dengan menggunakan pesawat atau kereta api.

Menurutnya, kendaraan pribadi darat dapat lebih aman dibandingkan dengan harus menggunakan pesawat atau kereta api lantaran individu dapat memilih dengan siapa dirinya berada di dalam mobil.

“Risiko Anda yang paling cepat selama perjalanan adalah orang-orang dalam jarak enam kaki dari Anda,” katanya, Rabu (22/7/2020).

Dia menuturkan, dirinya sebenarnya memiliki rencana bepergian pada akhir pekan. Agar aman dalam melakukan perjalanan, dirinya menetapkan tempat tujuan yang memiliki jarak tempuh cukup dekat. Kemudian, rute yang digunakan adalah rute dengan daerah yang memiliki prevalensi Covid-19 yang rendah.

Langkah-langkah tersebut, ujarnya dilakukan karena dirinya memiliki anak kecil sehingga harus berhenti di tempat istirahat.

“Anda ingin memiliki beberapa pemberhentian sebanyak mungkin, secara teoritis, karena setiap pemberhentian yang Anda lakukan, Anda akan berpotensi terekspos kepada orang lain,” katanya.

Sementara itu, Maria Sundaram, Ahli Epidemiologi dan Penyakit Menular, mengungkapkan bepergian sendiri berarti individu dapat membuat keputusan sendiri tentang waktu dan tempat untuk berhenti jika diperlukan.

“Sulit membayangkan opsi perjalanan lain yang lebih aman. Anda dapat bepergian sendiri, sehingga Anda tidak memiliki orang lain di dalam mobil bersama Anda, dan Anda juga dapat membuat keputusan sendiri tentang kapan dan di mana Anda mungkin perlu berhenti,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro