Istana Changdeokgung di Korea Selatan/visitkorea.or.kr
Travel

Pandemi Covid-19, Kunjungan Wisatawan Indonesia ke Korsel Anjlok

Rezha Hadyan
Sabtu, 18 Juli 2020 - 17:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Pariwisata Korea Selatan atau Korea Tourism Organization, KTO, menyebut jumlah wisatawan asal Indonesia mengalami penurunan tajam sepanjang paruh pertama tahun ini.

Melansir Yonhap, Sabtu (18/7/2020), jumlah wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Negeri Ginseng sejak awal tahun ini tercatat sebanyak 44.000 orang saja. Jumlah itu turun 68,3 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Angka tersebut diperoleh dari perwakilan KTO di Jakarta. Sudah barang tentu, pandemi Covid-19 yang merebak sejak Maret menjadi penyebab utamanya.

Perwakilan KTO di Jakarta mencatat jumlah wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan hanya mencapai 5.600 pada periode April hingga Juni, turun 93 persen dari tahun sebelumnya.

Pada Jumat (17/7/2020) Perwakilan KTO di Jakarta menerbitkan buku panduan komprehensif untuk wisatawan Indonesia.

Buku berjudul "Liburan #keKoreaAja Yuk!,itu berisi tempat-tempat wisata di Korea yang telah disesuaikan dengan karakter dan gaya wisatawan Indonesia.

Biasanya wisatawan dari Indonesia senang berfoto, berbelanja, dan bersantai di kafe-kafe unik untuk kemudian diunggah ke akun media sosial mereka masing-masing, terutama Instagram.

Melalui buku tersebut, perwakilan KTO di Jakarta memberikan informasi khusus untuk wisatawan Muslim, seperti atraksi wisata yang memiliki sarana ramah Muslim dan tempat beribadah, serta panduan memilih jenis restoran halal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro