Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandemi Covid-19, Kunjungan Wisatawan Indonesia ke Korsel Anjlok

Pandemi Covid-19 berdampak pada anjloknya jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Korea Selatan.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 18 Juli 2020  |  17:47 WIB
Istana Changdeokgung di Korea Selatan - visitkorea.or.kr
Istana Changdeokgung di Korea Selatan - visitkorea.or.kr

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Pariwisata Korea Selatan atau Korea Tourism Organization, KTO, menyebut jumlah wisatawan asal Indonesia mengalami penurunan tajam sepanjang paruh pertama tahun ini.

Melansir Yonhap, Sabtu (18/7/2020), jumlah wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Negeri Ginseng sejak awal tahun ini tercatat sebanyak 44.000 orang saja. Jumlah itu turun 68,3 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Angka tersebut diperoleh dari perwakilan KTO di Jakarta. Sudah barang tentu, pandemi Covid-19 yang merebak sejak Maret menjadi penyebab utamanya.

Perwakilan KTO di Jakarta mencatat jumlah wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan hanya mencapai 5.600 pada periode April hingga Juni, turun 93 persen dari tahun sebelumnya.

Pada Jumat (17/7/2020) Perwakilan KTO di Jakarta menerbitkan buku panduan komprehensif untuk wisatawan Indonesia.

Buku berjudul "Liburan #keKoreaAja Yuk!,itu berisi tempat-tempat wisata di Korea yang telah disesuaikan dengan karakter dan gaya wisatawan Indonesia.

Biasanya wisatawan dari Indonesia senang berfoto, berbelanja, dan bersantai di kafe-kafe unik untuk kemudian diunggah ke akun media sosial mereka masing-masing, terutama Instagram.

Melalui buku tersebut, perwakilan KTO di Jakarta memberikan informasi khusus untuk wisatawan Muslim, seperti atraksi wisata yang memiliki sarana ramah Muslim dan tempat beribadah, serta panduan memilih jenis restoran halal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korea selatan
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top