Es krim/wisegeek.com
Kuliner

Sejarah Hari Es Krim Sedunia, Kudapan Dingin Manis yang Disukai Semua Kalangan

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 18 Juli 2020 - 08:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Besok, 19 Juli 2020 akan dirayakan sebagai hari Es Krim Sedunia yang dirayakan setiap hari Minggu ke-tiga di bulan Juli.

Hari istimewa ini awalnya dicanangkan oleh Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan pada tahun 1984, di mana bulan Juli diresmikan sebagai Bulan Es Krim Nasional, yang kemudian berkembang menjadi Hari Es Krim Sedunia. Hebat sekali ya, seluruh dunia akan merayakan Hari Es Krim pada Minggu, 19 Juli 2020.

Apa sih yang membuat es krim begitu spesial sehingga diperingati secara internasional Menurut data dari Datassential, es krim merupakan hidangan dessert paling favorit, menempati urutan pertama dari beragam jenis dessert.

Es krim memang menjadi camilan enak yang digemari banyak orang. Coba perhatikan saat kamu atau orang lain menikmati es krim. Pasti di wajah terbersit rasa happy. Iya, jangankan saat menikmatinya, saat menerimanya saja kita juga tanpa sadar biasanya akan tersenyum. Apa sih penyebabnya?

Selain memberikan kelezatan rasa, es krim secara ilmiah telah terbukti dapat membuat kita menjadi lebih happy.

Pada tahun 2013, sebuah penelitian di Inggris mengungkap pengaruh es krim terhadap perasaan manusia. Setiap peserta penelitian diberikan pilihan untuk memakan es krim dan pada akhir penelitian mereka diminta untuk menulis apa yang mereka syukuri tentang hidup mereka.

Aktivitas ini dilakukan berulang kali baik secara individu maupun kelompok, dengan es krim maupun tanpa es krim. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada korelasi antara es krim dan kebahagiaan. Orang-orang yang memakan es krim terlebih dahulu, lebih mudah untuk bersyukur dan menunjukkan perasaan positif.

Studi lain menunjukkan bahwa es krim juga dapat memberikan pengaruh positif di beberapa bagian  otak kita, terutama bagian Orbitofrontal cortex (OFC) yang berfungsi dalam memproses emosi dan keputusan yang kita buat. Saat makan es krim, terdapat respons emosional positif yang dihasilkan oleh OFC.

Merayakan Hari Es Krim Sedunia tahun ini, Wall’s membuat project #WallsUntukSemua di Instagram dan akan membagikan 28,000 es krim gratis kepada anak-anak panti asuhan, tenaga medis, pengemudi ojek online, dan tentunya para konsumen setia Wall’s.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro