Es krim/wisegeek.com
Kuliner

Resep Kilat Bikin Es Krim Tanpa Susu 5 Menit Saja

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Jumat, 17 Juli 2020 - 16:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Es krim masih menjadi salah satu makanan favorit segala usia apalagi di tengah hari yang terik.

Dilansir dari Wall Street Journal, Jumat (17/7/2020), membuat es krim tak harus tergantung dari krim lembut yang sudah dibuat seperti gelato. Anda bisa memanfaatkan buah-buahan untuk mendapatkan krim yang manis.

Cara ini efektif bagi Anda pecinta es krim yang sedang diet mengurangi gula ataupun produk susu. Es krim punya rasa yang sejenis smoothies. Apalagi dengan cara ini es krim yang dihasilkan punya efek yang bagus bagi kesehatan.

Resep ini dibuat oleh Amanda Chantal Bacon, pendiri Moon Juice yang berbasis di Los Angeles. Amanda dalm Moon Juice membuat ragam jus buah hingga jus untuk detoksifikasi serta suplemen makanan.

Sekilas resep ini tidak bisa dianggap sepele. Anda harus mengeluarkan strawberry, campur dalam blender dengan krim kelapa, madu, dan air mawar. Intinya, dalam membuat es krim sehat ini, Anda sama sekali tidak menggunakan susu atau produk susu lainnya.

Selanjutnya, Anda juga harus teliti dalam memilih madu dan air mawar. Penting dalam memilih air mawar Anda memastikan tidak banyak bahan pengawet dan penguat rasa di dalamnya. Hal ini mengingat air mawar saja sudah memiliki ragam rasa. Jika pun Anda tak menyukai aroma dan rasa air mawar, Anda bisa menggantinya dengan sari jeruk lemon.

Nah untuk modifikasi es krim ini, Anda bisa memanfaatkan buah lain di luar strawberry misalnya cherry, raspberry, blackberry, dan blueberry. Anda juga bisa menambah penguat rasa seperti rum. Anda juga bisa memanfaatkan jenis buah nanas. Semua jenis buah-buahan ini bisa Anda cari dan temukan di supermarket.

Satu-satunya kesalahan yang mungkin terjadi adalah hilangnya tekstur krim ketika hasil es dimasukkan dalam kulkas. Oleh sebab itu Anda tidak boleh mendinginkan es tersebut terlalu lama.

Beberapa tips lain, jika Anda sudah mendapatkan buah yang segar Anda bisa memutuskan untuk menggunakan semuanya. Mudah saja, Anda cukup cuci dan keringkan, pisahkan satu buah dengan lain, jangan menempel selama disimpan di kulkas. Cukup dinginkan di kulkas selama satu jam.

Nah, berikut resep lengkap membuat es krim tanpa krim susu hanya 5 menit. Simak ya.

Bahan baku

- 1 pound strawberry beku

- ." cangkir krim kelapa yang dingin

- ¼ cangkir madu

- 1-1½ sdt air mawar, atau sari lemon. Pilih sesuai selera.

Cara Membuat

- Jika Anda punya blender berkekuatan tinggi, maka Anda tidak perlu membagi dua strawberry. Namun jika Anda mempunyai blender biasa, ada baiknya Anda membagi dua strawberry untuk mengurangi beban blender dan membuat cairan es lebih lembut.

- Campur semua bahan dalam blender, dan nyalakan blender untuk mengaduk serta mencampur semua merata dalam waktu 3-5 menit. Setiap menitnya Anda harus berhenti dan mengaduk cairan agar rasa menyatu dan tekstur mengental.

- Jika sudah, Anda akan menghasilkan tekstur es yang lembut dan konsisten

Dinginkan sesaat, siap sajikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro