Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Trik Aman dan Bersih dari Virus Corona di Perjalanan

Barang-barang yang sering disentuh lebih berisiko menyimpan kuman secara umum, jadi penting untuk membersihkan tangan usai menyentuhnya.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  09:58 WIB
Membawa hand sanitizer lebih baik dibandingkan dengan menggunakan fasilitas umum, untuk menghindari senturan dengan benda-benda di ruang publik.  - ANTARA
Membawa hand sanitizer lebih baik dibandingkan dengan menggunakan fasilitas umum, untuk menghindari senturan dengan benda-benda di ruang publik. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak tempat menyediakan sarana sanitasi untuk membersihkan diri Anda, tetapi akan  lebih baik bila Anda menggunakan tisu dan hand sanitizer sendiri.

Berfokuslah pada pembersihan area lalu lintas dengan sentuhan tinggi, seperti sakelar lampu, gagang pintu, dan wastafel kamar mandi. Jangan lupa untuk membersihkan tangan setiap kali Anda menyentuh permukaan publik seperti tombol lift, gagang pintu, dan peralatan olahraga. Juga, bawa barang bawaan Anda dan pilih keluar dari tata graha harian, jika itu masih merupakan pilihan.

Jadilah tamu yang berhati-hati, sebelum pergi keluar untuk makan, periksa apakah restoran sudah diatur untuk memungkinkan jarak fisik antara tamu dan karyawan restoran mengenakan masker.

Sebagian besar restoran senang membagikan kebijakan dan prosedur terkait virus. Jadi, hubungi atau periksa situs web atau media sosial mereka. Dan jika memungkinkan, minta meja luar.

Tempat duduk di luar ruangan lebih disukai daripada makan di dalam ruangan, karena aliran udara dan penyebaran di luar dapat membantu membatasi paparan tetesan dari pengunjung lain. Juga, cobalah untuk memakai masker Anda setiap kali Anda tidak duduk di meja Anda,.

Jika makan di tempat tersebut tidak sepadan dengan risikonya, maka hilangkan kontak sebanyak mungkin dan pesan untuk dibawa pulang atau lakukan drive-through dan kemudian temukan tempat yang menyenangkan untuk makan di luar.

Cari objek wisata yang meminimalkan risiko: Saat merencanakan kegiatan, cari objek wisata luar ruangan atau tempat yang mengharuskan karyawan dan pengunjung untuk mengenakan masker

Ketika kembali ke rumah

Dekontaminasi barang-barang Anda: Segera setelah Anda tiba di rumah, batasi risiko partikel virus berada di kulit dan permukaan Anda dengan melepas pakaian dan sepatu, letakkan di tempat yang telah ditentukan agar dapat dibersihkan, dan langsung ke kamar mandi sebelum berinteraksi dengan keluarga lain anggota.

Kemudian segera letakan semua pakaian ke binatu dan desinfeksi semua yang Anda bawa, termasuk dompet, koper, dan pendingin Anda."

Barang-barang ini adalah barang yang sering disentuh, dan karena Anda menggunakannya setiap hari, barang-barang itu berisiko lebih tinggi untuk menyimpan kuman secara umum, jadi penting untuk membersihkannya.

Tetap di dalam rumah selama beberapa hari: Meskipun disarankan untuk menghindari orang lain selama 14 hari jika Anda telah terkena virus selama perjalanan, terutama jika Anda telah bepergian ke atau melalui daerah di mana tingkat infeksi tinggi.

Pantau bagaimana kondisi Anda dan kenali diri Anda dengan gejala Covid-19 yang umum, termasuk rasa lelah yang luar biasa, sesak napas, batuk, demam, dan diare.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling Virus Corona tips travel
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top