Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

LIPI Buka Kebun Raya Bogor dan Cibodas

LIPI mewajibkan setiap pengunjung yang mengunjungi Kebun Raya Bogor dan Cibodas untuk memenuhi protokol kesehatan.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  13:01 WIB
Kebun Raya Bogor - Istimewa
Kebun Raya Bogor - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia telah membuka 2 kebun raya di masa kenormalan baru, yakni Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas.

Sementara 2 kebon raya lainnya yang berada di bawah LIPI, yakni Kebun Raya di Purwodadi, Jawa Timur, Kebun Raya Eka Karya Bedugul, Bali sedang dalam proses.

R Hendrian, Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengungkapkan proses pembukaan kebun raya tidaklah sederhana. "Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui," katanya, Kamis (16/7/2020).

Dia menjelaskan, tahap pertama adalah penyusunan protokol kesehatan. Kemudian, pemaparan di depan kepala LIPI.

Setelah itu, penyempurnaan protokol. Setelah disempurnakan, protokol tersebut dipaparkan di depan walikota atau bupati. Langkah selanjutnya adalah sosialisasi dan internalisasi. Kemudian, terdapat penyiapan sumber daya manusia, sistem, dan fasilitas pendukung.

Lalu, dilakukan sosialisasi publik, simulasi, stres test, dan penyempurnaan, dan pembukaan. Setelah dibuka, kebun raya akan dimonitoring dan evaluasi berkelanjutan.

Di sisi lain, pandemi virus corona juga bakal mengubah perilaku masyarakat yang berkunjung ke Kebun Raya. Dia mengungkapkan pihaknya menginginkan masyarakat yang berkunjung ke kebun raya sadar bahwa kebun raya merupakan sarana wisata edukasi.

"Ini jadi momentum bagi kami untuk bisa meningkatkan kesadaran masyarakat," katanya dalam pertemuan virtual pada Kamis (16/7/2020).

Tidak hanya itu, dirinya juga berharap masyarakat yang berkunjung ke kebun raya dapat teredukasi memakai sarana digital.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lipi Kebun Raya Bogor kebun raya
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top