Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Intip 5 Lokasi Wisata Berburu Buah Segar di Jawa

Ada saja alasan pelancong untuk mengunjungi daerah wisata, seperti ingin memetik langsung buah langsung dari pohonnya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  06:01 WIB
Pekerja memilih buah mangga di desa Kebulen, Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Selsa (11/7). - ANTARA/Dedhez Anggara
Pekerja memilih buah mangga di desa Kebulen, Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Selsa (11/7). - ANTARA/Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa daerah yang menghasilkan buah-buahan dan nama daerah juga cenderung melekat pada buah tersebut.

Seperti Kota Batu yang dijuluki sebagai kota apel. Nah, wisata buah bisa menjadi alternatif untuk pelesiran.

Buah-buahan khas dari suatu daerah, biasanya juga dijadikan oleh-oleh. Alasannya, buah tersebut belum tentu ada di daerah asal wisatawan. Berikut lima daerah di Jawa yang juga diminati sebagai destinasi wisata buah, mengutip Pegipegi.

1. Batu

Batu adalah destinasi wisata yang populer di Jawa Timur. Ada wisata alam dan taman hiburan di Batu. Salah satu yang diminati pelancong adalah agrowisata petik buah apel. Kota Batu termasuk penghasil buah apel terbesar di Indonesia. Batu juga dijuluki sebagai Kota Apel.

2. Banyuwangi

Banyuwangi telah dikenal sebagai daerah penghasil buah naga. Kota yang dijuluki Sunrise of Java ini boleh dibilang cocok untuk pelancong yang ingin menikmati wisata buah. Sebab, selain wisata alam atau kuliner, buah naga salah satu yang agaknya dicari para pelancong ketika berada di Banyuwangi.

3. Indramayu

Ketika mendengar kata Indramayu, bukan saja teringat sebuah kabupaten di Jawa Barat, tetapi juga mangga. Indramayu terkenal sebagai penghasil buah mangga.

Menurut Pegipegi, bila pelancong berkunjung ke Indramayu, wisata buah mangga tak bisa dilewatkan. Sebab, bila menjelajah Indramayu, banyak perkebunan mangga yang memikat untuk disinggahi, salah satunya Desa Krasak, Kecamatan Jatibarang. Waktu musim panen, biasanya pada Agustus hingga Desember.

4. Sleman

Sleman terkenal sebagai destinasi wisata Gunung Merapi. Tetapi, ada buah yang membuat nama Sleman dikenal para pelancong, yaitu salak pondoh. Sleman memiliki kebun salak pondoh yang luas. Salak pondoh asli Sleman rasanya manis. Bila pelancong berkunjung ke Sleman, bisa mencoba agrowisata petik buah salak pondoh.

5. Pati

Pati yang memiliki julukan Bumi Mina Tani dikenal sebagai penghasil buah manggis. Mengutip situs web Pemerintah Kabupaten Pati, mayoritas penduduk bekerja di bidang pertanian. Pati juga dijuluki Kota Manggis. Sebab, Pati penghasil buah manggis paling banyak di Jawa Tengah. Buah manggis dari Pati bukan hanya dijual di pasar Jawa Tengah saja, tetapi juga dikirim ke Jakarta, Surabaya, Bandung

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata buah destinasi wisata Buah Mangga Buah Apel

Sumber : Tempo.co

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top