Gunung Prau/Gloria Fransisca
Travel

Ikuti Protokol Pendakian Gunung, Saatnya Pendaki Pemula Jelajahi Gunung Prau

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 15 Juli 2020 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu gunung paling ramah bagi para pendaki pemula atau orang yang baru pertama kali ingin mendaki gunung adalah Gunung Prau di Kawasan Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Wisata alam sebagai pilihan utama berwisata masa normal baru ini relatif memberikan sedikit opsi tempat wisata, sehingga pergi ke gunung menjadi salah satu pilihan prioritas. Apalagi, wisata ke gunung baik sendiri maupun kelompok tetap masuk dalam kategori risiko infeksi penularan Covid-19 tingkat sedang. Hal ini dengan catatan, jumlah pendaki tidak lebih dari 5 orang dalam satu kelompok.

Oleh sebab itu, memasuki masa normal baru, Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia sudah memiliki 10 protokol kenormalan baru dalam memandu wisata gunung. Secara umum protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan hand sanitizer masih menjadi kewajiban.

Gunung Prau adalah salah satu dari ragam arena wisata alam dan sejarah yang ada di Dieng. Gunung Prau pun yang sempat terisolasi dari wisatawan sudah kembali buka pada 3 Juli 2020 lalu. Selama masa normal baru jumlah pengunjung masih dibatasi yakni 1.500 per hari dengan syarat membawa surat keterangan sehat dari dokter.

Gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl ini sangat cocok untuk Anda yang masih jadi pendaki pemula. Untuk menuju Prau jalur yang disediakan semakin banyak.

Ikuti Protokol Pendakian Gunung, Saatnya Pendaki Pemula Jelajahi Gunung Prau

Tercatat kini ada 8 jalur dari yang sebelumnya hanya 2 jalur saja. Lama perjalanan mendaki sampai di puncak sekitar 3-4 jam dengan total empat pos yang harus dilalui. Jalur pendakian yang dianjurkan melalui jalur Patak Banteng karena lebih ramai, ramah bagi pendaki, cepat dan mudah.

Selama pendakian Anda juga tak akan terlalu bosan, sebab cukup banyak rumah masyarakat pada lereng gunung khususnya sepanjang pos pertama dan pos kedua.

Untuk pergi menanjak ke Gunung Prau, biasanya wisatawan mengincar suasana matahari terbit alias sunrise ataupun penikmat senja untuk menanti saat matahari terbenam. Tak heran jika umumnya orang bersedia untuk memasang tenda penginapan di puncak gunung sekadar memburu gambar tersebut.

Selain mengincar suasana matahari, di puncak Prau Anda bisa melihat beberapa gunung lain di sekitar Prau yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Kembang, hingga Merapi dan Merbabu. Nah, bagi Anda yang sangat ingin mencoba dan kembali naik gunung, siap melancong ke Prau?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro