Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Intip Keunikan Air Terjun Kembar di Banyuwangi

Air Terjun Kembar Tiga atau Air Terjun Jagir ini berlokasi di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Air Terjun Kembar alias Jagir ini berada di tengah-tengah masyarakat Suku Osing, warga asli Banyuwangi.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 15 Juli 2020  |  14:58 WIB
Air Terjun Kembar di Banyuwangi - Gloria Fransisca
Air Terjun Kembar di Banyuwangi - Gloria Fransisca

Bisnis.com, JAKARTA – Wisata alam diprediksi akan menjadi pilihan utama masyarakat dalam masa normal baru.

Salah satu wisata alam yang dibidik masyarakat adalah wisata air terjun. Ragam curug masuk dalam daftar wajib dituju akibat rindu berlibur selama karantina mandiri. Salah satu wisata air terjun yang bagus adalah Air Terjun Kembar yang lokasinya tak jauh dari Kawah Ijen di Banyuwangi.

Air Terjun Kembar Tiga atau Air Terjun Jagir ini berlokasi di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Air Terjun Kembar alias Jagir ini berada di tengah-tengah masyarakat Suku Osing, warga asli Banyuwangi.

Meski nampak sekilas bak air terjun lain, namun nyatanya tak begitu. Air terjun itu muncul tiga sekaligus padahal dari sumber mata air yang sama. Air terjun pertama tepat di bawah badan jalan dengan ketinggian 10 meter yangd isebut Air Terjun Kembar.

Air terjun kedua, letaknya di belakang rumah warga yang disebut Air Terjun Bersaudara. Air terjun ketiga, terletak di agak masuk ke dalam dengan menyusuri jalan berbatu dan mengikuti aliran air.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Air Terjun Jagir alias Air Terjun Kembar ini punya pemandangan yang asri. Maklum saja, suasana sekitar air terjun penuh dengan pepohonan hijau nan subur yang menambah hawa sejuk. Suara gemericik air terjun maupun air yang menghantam bebatuan memberi rasa takjub. Belum lagi bunyi katak bersahutan menambah pengalaman berada di alam yang liar yang menyegarkan.

Selain itu tiket untuk masuk ke lokasi sangatlah murah. Wisatawan hanya cukup meronggoh Rp5000 per orang. Dengan uang yang sangat murah itu, Anda pun bisa mengambil ragam foto untuk diunggah ke media sosial dengan berbagai gaya.

Untuk sampai ke lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi yang memakan waktu 30 menit. Jika tidak, Anda pun bisa mengambil rute dari Simpang Lima Kota Banyuwangi ke Terminal Sesak Perot di Desa Bakung, Kecamatan Glagah. Perjalanan dilanjutkan menuju Patung Barong di Desa Banjarsari, lalu melintasi Desa Kemiren hingga ke Desa Taman Suruh. Perjalanan masih terus melaju sambil menikmati hamparan kebun dan sawah, menuju Dusun Kampung Anyar.

Sesampainya di area parkiran, Anda masih harus melalui jalan setapak yang menurun, berundak-undak, dan perlu berhati-hati karena licin. Jarak perjalanan turun bukit ini sekitar 100 meter.

Sesampainya di depan air terjun, Anda bebas untuk langsung mencemplungkan diri atau menapaki suasana sekitar air terjun. Siap-siap merasakan sensasi dinginnya air terjun ya. Nah, apakah jadi tertarik ke Banyuwangi?

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata wisata banyuwangi air terjun
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top