Viana Igah, Director of Communication Mandarin Oriental
Travel

Begini Inovasi Mandarin Oriental Jamin Kenyamanan Staycation

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 15 Juli 2020 - 21:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mulai berwisata menjadi salah satu opsi masyarakat pada masa normal baru melepas kejenuhan aktivitas yang mayoritas dikerjakan di rumah saja.

Meski begitu masyarakat masih banyak yang ragu dan kekurangan informasi terkait kesiapan dan kewajiban wisatawan selama berwisata. Kecemasan akan kontak sosial berlebih sampai ketidakmampuan menjaga jarak menjadi penghalang dalam mengambil keputusan melakukan wisata.

Kini, ragam inovasi pun diluncurkan misalnya saja dengan staycation di hotel sampai pergi ke tempat wisata. Sejumlah inovasi dan protokol pun mulai dilakukan untuk bisa memberi jaminan kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan bagi wisatawan. Semua industri perhotelan mulai menerapkan protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer, serta mengedepankan penggunaan teknologi digital dalam upaya mendeteksi keadaan tamu hingga berkomunikasi.

Menurut Viana Igah, Director of Communication Mandarin Oriental, pihaknya kini telah menerapkan sejumlah inovasi dan program baru untuk mendorong okupansi dan menjawab kebutuhan para wisatawan. Viana menjelaskan, saat ini Mandarin Oriental sangat mengutamakan kesehatan dari pengunjung dan staf, sehingga mereka mengeluarkan program safe and healthy program dengan nama ‘We Care’.

Adapun program ‘We Care’ ini punya tujuan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang menginap di Mandarin Oriental baik untuk staycation di hotel maupun untuk berwisata ke luar hotel.

“Kami ada perubahan besar sebelum Covid-19 dan sesudah Covid-19. Program kami dengan We Care ini sudah lulus standar kesehatan untuk semua fasilitas dan layanan di hotel untuk staf maupun tamu,” tutur Viana dalam webinar Digibank dengan tema ‘What to Expect When You Are Ready to Travel Again,” Rabu (15/7/2020).

Dia menyatakan para tamu di Mandarin Hotel wajib mengenakan masker dan mencuci tangan. Para tamu juga menerapkan contact less alias tidak melakukan kontak langsung dengan staf.

Caranya, Mandarin Hotel kini meluncurkan produk aplikasi ‘HELLO MO’ untuk memulai registrasi pemesanan kamar termasuk dalam upaya mengurangi komunikasi langsung antara tamu dengan staf hotel. Melalui aplikasi ini pula pihak Mandarin Oriental juga memiliki informasi lengkap tentang kondisi kesehatan tamu, sekaligus preferensi dan tujuan perjalanan mereka selama menginap di Mandarin Hotel.

“Jadi dengan Hello MO ini lebih secure dan tersertifikasi. Melalui aplikasi ini kami sudah tahu informasi dan rekam kesehatan tamu sebelum datang, kami juga mengirimkan QR Code untuk bisa scan. QR bisa digunakan saat in house, komunikasi dengan staf,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro