Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sejarah dan Ragam Masakan Klasik ala Michelin-star

Resep masakan chef Emett berasal dari kebudayaan asli masyarakat setempat. Masakan klasik menjadi cerminan dalam melalui aktivitas sehari-hari.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 13 Juli 2020  |  15:26 WIB
Resep masakan spaghetti - Fine Dining
Resep masakan spaghetti - Fine Dining

Bisnis.com, JAKARTA – Chef Michelin-star, Josh Emett dalam buku resep buatannya, “The Recipe” memiliki ratusan jenis masakan klasik yang masih bisa dimodifikasi.

Dikutip dari Insider, Senin (13/7/2020), Chef Emett masakan klasik adalah masakan yang sudah lama dan berasal dari kebudayaan asli masyarakat setempat. Masakan klasik juga mencerminkan bagaimana masyarakat setempat menjalankan hidup kesehariannya.

Emett pun menyusun buku resep masakan klasik dengan total 300 resep dari 150 chef di seluruh dunia. Sebagian jenis resep yang dituliskan adalah jenis masakan umum misalnya chicken pot pie dan telur dadar. Meski begitu Emett meyakini ada ragam cara orang membuat kreativitas sendiri atas masakan klasik.

1. Masakan Telur

Menu pertama yang terpikirkan oleh Emett memasak masakan klasik adalah menggunakan telur. Ada ragam jenis masakan klasik telur misalnya dibuat omelette, telur dadar, atau telur setengah matang. Padahal ada ratusan cara memasak telur tergantung dari selera Anda. Misalnya, Anda suka telur orak-arik kasar atau dibuat telur orak-arik yang lembut? Telur setengah matang sempurna atau hanya matang putih telurnya saja? Emett menegaskan semakin sering Anda berlatih membuat masakan telur, maka kemampuan Anda memasak telur akan semakin baik.

2. Masakan Chicken Pot Pie

Menu Chicken Pot Pie ini berasal dari zaman prasejarah di Yunani yang mencampurkan ayam dan sayuran dalam kulit pastry. Masakan chicken pot pie pun populer di kerajaan Romawi yang seringkali mereka sajikan saat santapan bersama di kebun.

Perkembangan ini terlihat sampai sekarang dimana chicken pot pie banyak dijumpai di supermarket. Emett percaya, chicken pot pie ini akan sangat menarik untuk dibuat di rumah.

“Kita semua umumnya suka memakan pie bersama keluarga dan sahabat. Jenis makanan ini selalu memenangkan hati kita,” tuturnya. Untuk membuat chicken pot pie di rumah, Anda jangan sampai lupa untuk membeli kaldu ayam da juga sayuran organik sesuai selera Anda.

3. Masakan Spaghetti

Spaghetti khususnya spaghetti carbonara adalah jenis masakan klasik yang sangat mudah dibuat hanya dalam waktu 10 menit. Chef Emett menyatakan ada dua teori dalam membuat masakan spaghetti carbonara, dengan memasak telur khas Italia, daging, lada hitam, dan keju pecorino. Referensi tentang spaghetti carbonara ini sudah ada dalam buku ‘Eating in Italy’.

Banyak yang meyakini, resep spaghetti ini dibuat pada masa Perang Dunia II ketika masakan Italia dikombinasikan dengan sejumlah telur dan daging bacon untuk disajikan kepada tentara Amerika bersama keju dan pasta khas Amerika.

Sejumlah pihak lain mengatakan penamaan ‘carbonara’ adalah diksi dalam bahasa Italia yang artinya ‘carbonari’ artinya para pekerja batu bara yang membakar kayu. Para pekerja inilah yang konon mempunyai ide mencampurkan masakan pasta, keju, dan daging dalam makanan mereka.

“Masakan ini dapat mudah dibuat dan bisa membuat Anda puas dengan apresiasi dari rekan yang menikmatinya,” jelas Emett.

4. Masakan Sup Wonton

Sup Wonton adalah masakan Cina yang sudah mendunia. Chef Emett menyarankan sup klasik ini bisa dimodifikasi sesuai saran dari Chef Amerika-Cina, Ken Hom. Chef Emett menjelaskan sop ini umumnya menggunakan udang dan daging babi yang diyakini bisa menghilangkan stress kerja sepanjang hari.

Umumnya sop wonton sebagai masakan klasik asal Cina ini terdiri atas dumpling kecil yang direbus, dikukus, ataupun digoreng. Namun kemungkinan banyak chef yang lebih memilih untuk meraciknya sesuai selera tanpa menghilangkan keaslian dari sop ini.

5. Kue Banofee Pie

Kue Banofee Pie adalah pie klasik yang membuat semua orang berminat untuk memotong dan menikmatinya. Banoffee pie terbuat dari pisang, caramel, dan krim. Chef Emett menjelaskan, banoffee pie adalah makanan asal Inggris yang sudah banyak disajikan di Sussex, Inggris, pada salah satu restoran milik Nigel Mackenzie dan Chef Ian Dowding pada 1971.

Dalam lama pribadinya, Chef Dowding membeberkan banoffee pie adalah adaptasi dari makanan pencuci mulut asal Amerika, Blum’s Coffee Toffee Pie. Chef Dowding pun merekayasa ulang untuk Mackenzie, yang meyakini pihaknya bisa membuat pie yang lebih nikmat dari itu. Setelah mereka melakukan sejumlah eksperimen dengan ragam buah misalnya apel dan jeruk, Mackenzie pun menyarankan penggunaan pisang sebagai bahan utama.

“Pada akhirnya kami tahu keputusan kami tepat, seperti kombinasi klasik strawberry dan krim bacon dan telur, sosis, ini adalah sesuatu yang lebih daripada itu,” tutur Dowding. Mackenzie menamakan pie itu banoffee barulah pada 1997 diksi banoffee masuk dalam Oxford English Dictionary.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telur kuliner masakan keju
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top