Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pecinta Cemilan Manis, Ini Langkah Membuat Macaroons Anti Gagal

Berikut resep membuat macaroons dari pemenang kompetisi Bake Off, Edd Kimber.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 09 Juli 2020  |  17:32 WIB
Macaroon
Macaroon

Bisnis.com, JAKARTA -- Macaroon asal Prancis adalah sebuah cemilan manis yang terbuat dari putih telur, tepung gula, gula pasir, dan biji almond.

Dikutip dari Express.co.uk, berikut resep membuat macaroons dari pemenang kompetisi Bake Off, Edd Kimber.

Bahan Baku:

• 170 gram tepung gula

• 160 gram almond

• 120 ml putih telur dari 4 butir telur berukuran sedang. Pisahkan campuran putih telur itu adalah dia tahap dengan ukuran yang sama

• 160 gram gula pasar

• ½ sdt pewarna kue berwarna merah

Bahan Untuk Isian

• 120 gram double cream

• 110 gram dark chocolate, lebih baik jika sudah berbentuk butiran.

• 25 gram mentega tawar dalam suhu ruangan

• 75 gram selai raspberry

Cara Membuat

1. Campurkan tepung gula dan almonds dalam wadah, campurkan dengan mixer. Putar mixer sampai 15 kali agar semua bahan hancur dan tercampur merata. Selanjutnya saring campuran ini ke dalam mangkuk besar, buang semua partikel yang tertinggal di saringan. Tambahkan batch putih telur I ke dalam campuran almond, aduk hingga membentuk pasta kental dan sisihkan.

2. Masukkan batch putih telur II ke dalam mangkuk tanpa noda yang bersih dan tahan panas dan siapkan pengocok listrik. Selanjutnya, tempatkan 50 ml air dan gula pasir ke dalam panci kecil di atas api sedang. Didihkan dan masak sampai sirup bersuhu 110C dengan menggunakan termometer gula. Nantinya tekstur yang akan berubah mengalahkan putih telur dengan kecepatan tinggi. Setelah sirup berada pada suhu 118C, tuangkan perlahan ke sisi mangkuk mixer, hindari pengocok yang bergerak. Lanjutkan mengocok dengan kecepatan tinggi sampai campuran telah sedikit dingin dan Anda memiliki campuran meringue memuncak mengkilap - mangkuk tidak boleh lagi panas untuk disentuh, tetapi masih hangat.

3. Masukkan meringue ke dalam campuran almond dan lipat perlahan. Penting diingat untuk tidak mencampur adonan secara berlebihan - adonan harus jatuh dalam pita tebal dari spatula. Pita juga harus memudar kembali ke dalam adonan dalam waktu sekitar 30 detik - jika tidak, lipat beberapa kali lagi.

4. Panaskan oven dengan suhu kisaran 170C atay 150C dengan gas 3-4. Susun berbaris tiga loyang dengan roti kue. Pindahkan adonan ke kantong pipa yang dipasangi nozzle bundar besar. Pegang secara vertikal arahkan ke baki, dengan nosel sekitar 1cm dari itu. Bulatkan adonan ke pipa berdiameter sekitar 2,5 cm ke atas loyang yang sudah disiapkan. Biarkan selama 30 menit, atau sampai kulit macanon terbentuk.

5. Panggang kulit macaroon selama 14 menit. Setelah matang pindahkan kulit macaroon yang ada di atas baki panggang untuk pendinginan. Selanjutnya, Anda harus bersiap mengoleskan isian macaroon ke dalam kulit.

6. Untuk membuat isian, pindahkan krim ke atas panci berisi air, campurlan dengan butiran coklat. Rebus beberapa saat. Dinginkan beberapa saat lalu aduk merata. Tambahkan mentega dan aduk sampai lembut, dan kental.

Tambahkan mentega dan aduk sampai rata, lalu biarkan hingga mengental. Tempatkan campuran cokelat ke dalam kantong pipa yang bersih dengan nozzle yang lebih kecil dan pipa di sekitar tepi setengah macarons. Isi bagian tengah dengan selai dan sandwich dengan kulit macaron lain.

7. Setelah selesai, tesktur dan cita rasa macarons akan membaik dengan istirahat semalam di lemari es.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kue Resep kue
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top