Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Penyebab-penyebab Gangguan Terhadap Pendaki Gunung

Sebelum melakukan pendakian ke gunung, sebaiknya pendaki melakukan riset terkait lokasi, hingga mempersiapkan kondisi fisik dan mental.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 06 Juli 2020  |  16:16 WIB
Pendaki Gunung Rinjani sebaiknya mempersiapkan fisik dan mental sebelum mendaki gunung - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Pendaki Gunung Rinjani sebaiknya mempersiapkan fisik dan mental sebelum mendaki gunung - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA--Seorang pendaki Gunung Guntur sempat menghilang, dan akhirnya ditemukan di tempat yang jauh dari tempat berkemahnya. Asosiasi Pendaki Gunung Indonesia menyebut bentuk gangguan para pendaki gunung bisa terjadi karena banyak hal.

Ketua Umum Asosiasi Pendaki Gunung Indonesia (APGI) Vita Cecilia mengungkapkan berdasarkan pengalamannya setidaknya ada 4 penyebab gangguan terhadap pendaki gunung.

"Berdasarkan pengalaman, bentuk 'gangguan', misal sakit di gunung bisa terjadi karena 4 [penyebab]," katanya, Senin (6/7/2020).

Pertama, dia menuturkan, gangguan karena ilmiah, yakni dari alam atau manusia. Tips yang bisa dilakukan adalah melakukan riset sebelum mendaki gunung, seperti keaktifan gunung hingga kasus-kasus kriminal di daerah gunung yang  hendak didaki.

Kedua, gangguan psikologis, baik itu murni maupun dibuat-buat atau palsu. Selama melakukan pendakian, baiknya pendaki tetap menjalin komunikasi dengan tim dan sangat tidak sarankan untuk melamun.

Ketiga, gaib atau metafisika/ tidak kasat mata. keempat adalah gabungan ketiganya. "Masing-masing ada cara dan ilmu penanganannya," katanya.

Versi lainnya, dia menuturkan terdapat 2 faktor lainnya yang menjadi penyebab gangguan terhadap pendaki, pertama adalah faktor alam. Kedua karena psikologis, alam, dan segala macamnya.

Di luar berbagai macam versi penyebab gangguan yang diterima pendaki, faktor yang metafisika atau kasat mata memang ada. "Selama ada penjelasannya di dalam kitab, godaan jin dan syaitan mereka bisa meniru/menggoda iman dari apa yang kita pikirkan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung pendaki gunung
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top