Pulauu Pieh melakukan uji coba new normal./istimewa
Travel

Uji Coba New Normal, Ini Syarat Wisata Perairan di Pulau Pieh

Desyinta Nuraini
Senin, 6 Juli 2020 - 14:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru melakukan uji coba penerapan protokol new normal ekowisata di Taman Wisata Perairan Pulau Pieh, Provinsi Sumatera Barat.

Uji coba yang dikemas dalam bentuk one-day trip ini dilakukan kemarin, Minggu (5/7/2020).

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Aryo Hanggono mengatakan uji coba ini penting untuk melihat kesiapan sebelum area wisata Pulau Pieh kembali dibuka.

“Pelaksanaan uji coba ekowisata TWP Pulau Pieh ini sebagai tahap awal untuk melihat sejauh mana kesiapan pengelola kawasan, pemerintah daerah, dan para penggiat wisata dalam mengimplementasikan protokol new normal ekowisata di dalam kawasan,” ujarnya dalam keterangan pers yang dikutip, Senin (6/7/2020).

Kepala LKKPN Pekanbaru Fajar Kurniawan menjelaskan pelaksanaan uji coba protokol new normal di TWP Pulau Pieh dimulai dari titik keberangkatan di dermaga Muaro Padang. Peserta dan operator wisata harus membawa surat keterangan sehat, kartu identitas yang sah, formulir self assessment risiko Covid-19 yang telah diisi, karcis masuk kawasan konservasi (operator wisata), masker cadangan, dan perlengkapan pribadi.

Sesuai protokol new normal ekowisata TWP Pulau Pieh, para peserta yang telah melakukan registrasi akan diukur suhu tubuhnya oleh petugas. Bagi peserta yang memenuhi kategori sehat, selanjutnya diberikan masker, face shield, dan tiket masuk kawasan.

“Selain itu juga diterapkan pembatasan jumlah penumpang yang diperbolehkan, yakni 50 persen dari daya muat armada. Untuk menjaga jarak antar peserta, pengaturan tempat duduk diatur dengan memberi tanda silang,” jelasnya.

Dalam uji coba ini, peserta diajak berkunjung ke perairan sekitar Pulau Pieh dan Pulau Pandan. Lokasi yang dikunjungi merupakan jalur perlintasan lumba-lumba pemintal atau spinner dolphin.

Di Pulau Pandan, terdapat penangkaran penyu dan daratan pulau yang masih relatif asri dengan hamparan pasir putihnya. “Setelah menginjakkan kaki di pulau tersebut, peserta diajak melihat demplot penetasan penyu. Di tempat ini dapat dijumpai penyu hijau dan penyu sisik,” terang Fajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro