Pendaki di Gunung Cikurai sedang menikmati pemandangan./Instagram
Travel

New Normal, Pendaki Gunung Cikuray Abaikan Protokol Kesehatan

Yudi Supriyanto
Kamis, 2 Juli 2020 - 13:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat pemerintah memberlakukan kenormalan baru (new normal), para pendaki membalaskan kerinduan liburan dengan mendaki Gunung Cikuray.

Secara administrasi, Gunung Cikuray berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dengan ketinggian 2.821 mdpl. Pada akhir Juni 2020, beredar video pendaki mengabaikan pembatasan jarak dan ada yang tidak menggunakan masker saat di puncak Gunung Cikuray.

Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia menyayangkan perilaku pendaki yang kurang bertanggung jawab terhadap diri sendiri maupun orang lain dengan tidak mentaati protokol kesehatan ketika melakukan pendakian

Ketua Umum Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) Vita Cecilia mengungkapkan naik gunung pada saat ini merupakan impian jutaan pendaki gunung.

Para pendaki akan langsung menyerbu gunung ketika sedikit saja diberikan kesempatan. Tidak hanya gunung, restoran pun diserbu oleh masyarakat setelah terdapat pelonggaran.

"Kejadian pendakian Cikuray kemarin, [saya lupa nama jalurnya] memang tidak memakai protokol kesehatan yang berlaku di lokasi wisata, apalagi protokol pendakian," katanya kepada Bisnis, Kamis (2/7/2020).

Dia menjelaskan kondisi tersebut dapat terjadi ketika wilayah atau kawasan yang biasanya dikelola oleh desa atau masyarakat setempat yang mengatur buka atau tutup kawasan. Jadi, lanjutnya, kontrol terhadap protokol kesehatan pendaki pun tergantung pada kesiapan desa atau masyarakat setempat.

"Kalau dilihat dari kondisinya [Cikuray], maka mereka [pengelola] membolehkan siapa pun tanpa ada protokol," katanya.

Dia menuturkan APGI sebenarnya sudah melakukan sosialisasi protokol pendakian di Gunung Cikuray, tapi baru dilakukan di jalur pemancar dan tapak geurot.

"Protokol ini, akan bisa dilakukan jika pengelola kawasan misalnya, TN/BKSDA/Perhutani, ikut membantu dalam mengatur pendakian sesuai protokol yg ada," katanya.

Dia menambahkan kejadian serupa juga telah terjadi di bukit Alas Bandawasa, Bogor, setelah terdapat pelonggaran kebijakan pembatasan sosial pada awal Juni 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro